Kalian Perlu Tahu, Apa Itu Tes JLPT N1 dan Besaran Biayanya

Jum'at, 01 April 2022 - 09:39 WIB
loading...
Kalian Perlu Tahu, Apa Itu Tes JLPT N1 dan Besaran Biayanya
Ujian bahasa Jepang, Japanese Languange Profiency Test atau JLPT yang ditujukan kepada orang asing yang mempelajari bahasa Jepang. Foto/Dok/Japan Foundation
A A A
JAKARTA - Apa itu JLPT? JLPT merupakan ujian bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh MEXT dan di Indonesia ini diselenggarakan oleh Kedubes Jepang yang bekerja sama bersama Japan Foundation yang ditujukan kepada orang asing yang mempelajari bahasa Jepang.

Disebut dengan Japanese Languange Profiency Test yang dalam bahasa Jepangnya dikenal sebagai Nihongo Nouryoku Shiken sudah mulai terkenal sejak budaya Jepang semakin berkembang dan terkenal terutama di Indonesia ini.



Dilansir dari web resmi, JLPT sendiri sudah berdiri dari tahun 1984 yang tujuannya untuk sertifikasi bahasa Jepang itu sendiri. Sampai tahun 2003, JLPT digunakan pelajar asing untuk masuk ke universitas di Jepang yang kemudian digantikan oleh EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) yang sekarang ini digunakan oleh universitas di Jepang sana sebagai syarat masuk universitas yang dituju.

JLPT N1 adalah level paling sulit, sehingga tentunya tergolong dalam level tingkat mahir. Meski level N2 dan N1 tergolong tingkat mahir, ujian JLPT N1 jauh lebih sulit dari ujian JLPT N2. Sebelum mendaftar ujian JLPT N1, peserta ujian harus menguasai sekitar 10.000 kosakata bahasa Jepang, sekitar 2.000 huruf kanji, dan pernah belajar bahasa Jepang selama lebih dari 900 jam.

Kapan Waktu Tes dan Masa Pendaftarannya?

Setiap tahun JLPT diadakan secara berkala sebanyak dua kali, yaitu pada hari pada minggu pertama Juli dan Desember.

Apabila mengambil ujian di Indonesia, masa pendaftaran ujian umumnya akan dibuka mulai dari Maret-April untuk ujian di bulan Juli, dan dibuka mulai Agustus-September untuk ujian di bulan Desember. Perlu diketahui bahwa pendaftaran harus diselesaikan secara online, pada web resmi yaitu jlptonline.or.id.



Ketika melakukan pendaftaran, pastikan untuk menyiapkan identitas, foto, dan scan bukti pembayaran yang telah dituliskan nama lengkap serta level tes JLPT yang akan diikuti. Jangan lupa juga untuk mencetak kartu ujian JLPT, karena kartu ujian sangat penting untuk ditunjukkan saat ujian. Jangan sampai ketinggalan informasi mengenai pendaftaran ujian JLPT ya, silakan lihat situs resminya dengan rutin!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)