Calon Mahasiswa, IPB Bersiap Buka Fakultas Kedokteran

Jum'at, 01 April 2022 - 15:41 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, IPB Bersiap Buka Fakultas Kedokteran
IPB bersiap membuka fakultas kedokteran. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - IPB University akan membuka Fakultas Kedokteran (FK). Salah satu latar belakang pendiriannya adalah masih tingginya minat lulusan SMA untuk menjadi dokter .

Rektor IPB University Prof Arif Satria menyampaikan, IPB University bukan pemain baru dalam dunia medis. IPB University memiliki relasi erat, terbukti dari riset-risetnya yang banyak berkaitan dengan medis, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Selain itu minat lulusan SMA yang masih sangat tinggi untuk menjadi dokter merupakan latar belakang berdirinya Fakultas Kedokteran IPB University. Keunggulan Fakultas Kedokteran yang akan didirikan oleh IPB University yaitu pendidikan dokter agromaritim berbasis one health. Sampai saat ini proses pendirian Fakultas Kedokteran sudah mencapai pembahasan di Senat Akademik IPB University,” ujarnya, dikutip dari laman resmi IPB, Jumat (4/1/2022).

Baca: Keren, UGM Kini Punya Layanan Bus Listrik

Menurut Rektor, membuka Fakultas Kedokteran merupakan bagian dari interest/minat yang saat ini sangat berhimpitan dengan agromaritim. “Agromaritim tidak hanya bicara pertanian, tidak hanya bicara energi, tidak hanya bicara biomaterial, tetapi juga kesehatan,” ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini Indonesia didominasi obat-obatan impor. Padahal kita tahu bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati luar biasa. Hal ini dapat menjadi modal bagi sektor agromaritim untuk mendukung menuju kedaulatan kesehatan.

“Sehingga IPB University sudah merasa dekat dengan dunia kesehatan. Belum lagi di masa pandemi ini, kita menyadari betapa tenaga medis sangat diperlukan. Tenaga medis sangat berperan penting bagi keselamatan dan kesehatan bangsa,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, pertanian tidak terlepas dari aspek kesehatan dalam konsep one health. Kesehatan merupakan satu kesatuan. “Ini sudah merupakan konsep global. Kesehatan manusia dan kesehatan hewan akan menjadi satu kesatuan. Kita bisa menyaksikan sumber penyakit manusia dari hewan. Satu contoh adalah Covid-19. Sehingga butuh integrasi, kesehatan hewan dan manusia,” tuturnya.

Baca juga: Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Untuk itu, imbuhnya, IPB University memiliki konsen bahwa ke depan butuh integrasi antara kesehatan hewan dan manusia. Banyak program pendidikan dan riset IPB University yang sangat dekat dengan dunia biomedis.

“Contohnya, program studi ilmu gizi, biologi, biokimia dan lain-lain. Selain itu ada sekitar 114 inovasi IPB University yang terkait biomedis. Contohnya adalah inventpro, produk Polymerase Chain Reaction atau PCR yang harganya jauh lebih murah. IPB University juga bisa menciptakan kit untuk mengukur antibodi. IPB University juga punya ahli bayi tabung. Tidak hanya itu dokter-dokter manusia dari rumah sakit di Indonesia banyak yang melanjutkan studi ke IPB University untuk Program Pendidikan S2 dan S3. Ini semakin mengukuhkan peran IPB masuk dunia Kesehatan,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya Fakultas Kedokteran, karya-karya IPB University di bidang medis akan mendapatkan legitimasi. “Banyak karya di bidang medis, ini adalah gongnya. IPB University sudah sejak lama punya kompetensi di bidang kesehatan. Ini adalah harapan besar dari publik,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)