Keren, UGM Kini Punya Layanan Bus Listrik

Jum'at, 01 April 2022 - 15:21 WIB
loading...
Keren, UGM Kini Punya Layanan Bus Listrik
Bus Trans Gadjah Mada UGM. Foto/Tangkap layar laman UGM.
A A A
JAKARTA - Untuk meningkatkan layanan transportasi ramah lingkungan di internal kampus Rektor UGM ,Prof. Ir. Panut Mulyono meluncurkan dua bus listrik, Jumat (1/4) di Balairung Kampus UGM. Bus listrik bernama Trans Gadjah Mada ini akan beroperasi di dua jalur yakni kawasan timur dan barat kampus UGM.

Setiap hari kedua bus ini akan mengelilingi area kampus yang didukung oleh 35 halte dan terintegrasi dengan jalur pedestrian, stasiun sepeda, kantong parkir dan beberapa halte Trans Jogja.

Rektor UGM mengatakan pengadaan dua bus listrik tersebut merupakan sumbangan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang didukung juga oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan pengusaha Dato Sri Tahir. “Bus ramah lingkungan ini dapat direalisasikan atas dukungan dari Menko Perekonomian, Menhub, dan Tahir,” katanya, dikutip dari laman resmi UGM, Jumat (1/4/2022).

Baca: Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Menurut Rektor, pengadaan bus listrik tersebut sesuai dengan program yang digencarkan UGM untuk menyediakan transportasi yang ramah lingkungan dan selalu memperhatikan isu perubahan iklim dengan mengurangi penggunaan transportasi dengan menggunakan energi fosil. “Transportasi ramah lingkungan sangat penting karena adanya persoalan perubahan iklim karena penggunaan energi fosil kita di bumi ini sangat berlebihan. Sementara daya dukung dari hutan kita untuk menyerap karbondioksida semakin berkurang,” paparnya.

Selain itu, imbuh Rektor, dengan adanya bus listrik di internal kampus ini bisa mengenalkan kepada mahasiswa tentang pentingnya penggunaan energi baru terbarukan dengan cara mengurangi penggunaan bahan bakar kendaraan dari energi fosil.

Direktur Aset Universitas Gadjah Mada Dr. Djoko Sulistyo mengatakan, pengadaan bus listrik yang ramah lingkungan di internal kampus merupakan upaya UGM untuk menciptakan lingkungan kampus yang mengedepankan konsep pembangunan berkelanjutan. ”Kita ingin lingkungan kampus semakin nyaman dan kondusif adanya bus listrik ini,” tegasnya.

Baca juga: IPB-Unhan Jalin Kerja Sama di Bidang Farmakologi

Djoko menyebutkan, kebijakan pengadaan bus kampus sejalan dengan komitmen UGM untuk terus mengembangkan fasilitas untuk pedestrian dan fasilitas bagi warga yang berkebutuhan khusus. “Kita akan terus mengembangkan moda transportasi ramah lingkungan. Bagi pejalan kaki difasilitasi pedestrian dengan kanopi. Termasuk jalur bagi pejalan kaki berkebutuhan khusus. Jalur sepeda juga selalu disiapkan. Ke depan sepeda kampus akan diremajakan yang akan dilengkapi smart lock dan aplikasi,” katanya.

Seperti diketahui masing-masing bus listrik ini mampu membawa 20 orang penumpang sekaligus. Sementara operasional bus dibuka tiap hari kerja mulai hari Senin hingga Kamis pada pukul 06.30 hingga 16.16 WIB. Setiap halte dilewati setiap 60 menit sekali. “Satu halte dilewati tiap 60 menit. Jika nantinya bus ditambah, waktu tunggunya bisa sampai 30 menit saja,”katanya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3123 seconds (0.1#10.140)