Siapkan UTBK SBMPTN 2022 dengan Teknik Pomodoro dan Pegasus

Kamis, 07 April 2022 - 14:56 WIB
loading...
Siapkan UTBK SBMPTN 2022 dengan Teknik Pomodoro dan Pegasus
Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa, nih, di antara kamu yang punya masalah susah fokus saat persiapan UTBK ? Masalah yang satu ini pasti bakalan jadi penghalang kamu untuk taklukkan UTBK, ya. Belum lagi kalau susah fokus kamu ini ditambah kebingungan menentukan mau belajar persiapan UTBK dari materi yang mana. Waduh kalau dua hal tersebut sampai terjadi, kamu makin pusing, deh!

Tapi tenang! Kami punya solusinya! Kamu bisa menggunakan teknik pomodoro dan fitur Pegasus dari Pahamify untuk mengatasi kedua masalah tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.



Apa itu Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro adalah metode belajar atau bekerja dengan sistem manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada 1980-an. Francesco mengembangkan teknik pomodoro ini untuk membantunya tetap fokus saat belajar saat masih duduk di bangku kuliah.

Dalam mengembangkan teknik pomodoro, Francesco menggunakan sebuah timer dapur berbentuk tomat untuk mengingatkan durasi belajar dan istirahat. Penggunaan timer tomat inilah yang membuat teknik ini kemudian dinamakan teknik pomodoro, karena kata ‘pomodoro’ dalam bahasa Italia memiliki arti tomat.

Dalam teknik pomodoro, Francesco membagi waktu belajar atau bekerja menjadi empat interval waktu, dengan waktu istirahat di setiap interval waktu tersebut. Setiap interval waktu belajar atau bekerja, yang ia sebut sebagai pomodoro, memiliki durasi selama 25 menit.



Setelah satu pomodoro berjalan, ia menetapkan waktu istirahat selama 5 sampai 10 menit. Aturan ini berlaku untuk set teknik pomodoro. Setelah empat pomodoro atau satu set teknik pomodoro, Francesco akan beristirahat selama 20 sampai 30 menit.

Manfaat Menggunakan Teknik Pomodoro untuk Persiapan UTBK

Kalau kamu sedang melakukan persiapan UTBK, kamu bisa banget menggunakan teknik pomodoro ini untuk taklukkan UTBK. Teknik pomodoro akan membantu kamu lebih disiplin dalam persiapan UTBK karena ide utama dari teknik pomodoro adalah menanamkan rasa urgensi disiplin belajar dalam diri kamu melalui penggunaan timer.

Selain itu, fungsi utama teknik Pomodoro adalah membantu kamu tetap fokus berjalan selama kamu menjalani satu interval waktu belajar. Selama kamu melakukan satu Pomodoro, kamu harus terus fokus pada materi yang sedang kamu pelajari, tanpa mengerjakan hal lain di luar satu pomodoro. Jadi, kalau ada telepon masuk, chat masuk di aplikasi chat ponsel kamu, atau kamu ingin buka ponsel kamu, kamu harus menunda semua kegiatan tersebut sampai satu Pomodoro selesai.

Teknik Pomodoro juga berguna bagi kamu yang merasa materi UTBK yang harus kamu kuasai sangatlah banyak. Biasanya kalau sudah begini, kamu akan stres duluan dan akhirnya menyia-nyiakan waktu yang seharusnya dapat kamu gunakan untuk persiapan UTBK nanti.

Kalau kamu menggunakan teknik Pomodoro dalam persiapan UTBK kamu, kamu dapat menyadari bahwa dengan waktu 25 menit, kamu dapat melakukan banyak kemajuan dalam proses kamu taklukkan UTBK.

Cara Kerja Teknik Pomodoro

Menggunakan teknik Pomodoro untuk persiapan UTBK sangatlah mudah, kamu. Kamu hanya perlu mengikuti 7 tahapan teknik Pomodoro berikut ini untuk taklukkan UTBK:

1. Tentukan daftar materi pelajaran persiapan UTBK apa saja yang mau kamu pelajari, setelah itu pilihlah satu materi pelajaran persiapan UTBK yang mau kamu pelajari dengan teknik Pomodoro,
2. Set timer yang kamu gunakan dalam teknik Pomodoro selama 25 menit,
3. Fokus pelajari materi persiapan UTBK yang sudah kamu tentukan di awal,
4. Saat timer kamu berbunyi, kamu dapat beristirahat selama 5 atau 10 menit,
5. Kalau dalam persiapan UTBK dengan teknik Pomodoro yang kamu lakukan kurang dari tiga Pomodoro, kamu dapat kembali ke tahapan kedua dan memulai kembali sampai kamu menyelesaikan semua tiga Pomodoro,
6. Setelah kamu selesai melakukan tiga pomodoro persiapan UTBK, ambillah Pomodoro keempat dan setelah itu kamu dapat beristirahat lebih panjang, selama 20 sampai 30 menit. Setelah istirahat panjang ini selesai, kamu dapat memulai kembali proses taklukkan UTBK dengan teknik Pomodoro dari tahap kedua.
7. Centang materi pelajaran persiapan UTBK yang sudah kamu pahami di daftar persiapan UTBK kamu.

Gimana? Mudah banget, kan, kamu? Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana kalau misalnya materi pelajaran persiapan UTBK kamu sudah selesai kamu pahami sebelum satu Pomodoro selesai? Nah, kalau kamu sudah paham materi pelajaran persiapan UTBK sebelum satu Pomodoro selesai, kamu dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan beberapa hal berikut:

1. Tinjau atau periksa kembali pemahaman kamu atas materi pelajaran UTBK yang baru saja kamu pelajari. Apakah kamu sudah memahami materi tersebut atau belum?
2. Tinjau hasil pembelajaran persiapan UTBK kamu. Misalnya, apakah kamu sudah memenuhi target, tujuan, atau hasil belajar yang sudah kamu tetapkan? Apakah pemahaman kamu atas materi pelajaran UTBK yang baru saja kamu pelajari sudah cukup untuk taklukkan UTBK? Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah persiapan UTBK kamu sudah matang atau belum.
3. Tinjau daftar materi persiapan UTBK kamu yang akan datang untuk merencanakan persiapan UTBK dengan teknik Pomodoro kamu selanjutnya. Bila dalam satu set Pomodoro yang sedang kamu lakukan, kamu merasa masih belum cukup paham materi persiapan UTBK, kamu dapat mengulanginya di satu set Pomodoro berikutnya.

Taklukkan UTBK dengan Pegasus

Kamu pasti sudah tahu, dong, kalau Pahamify punya fitur yang bernama Pegasus? Nah, kamu dapat memanfaatkan Pegasus untuk membantu persiapan UTBK kamu. Kamu dapat mengombinasikan fitur Pegasus Pahamify dengan teknik Pomodoro agar kamu semakin siap taklukkan UTBK. Caranya gampang banget, loh!

Sebelum kamu memulai persiapan UTBK kamu dengan teknik Pomodoro, kamu dapat menentukan dan membuat daftar materi UTBK yang harus kamu pelajari dengan bantuan Pegasus. Dengan menggunakan Pegasus, kamu akan mendapatkan bimbingan, mulai dari pemilihan jurusan yang sesuai dengan mimpi, minat, dan bakat kamu sampai latihan soal-soal HOTS. Persiapan UTBK di Pegasus ini juga sudah dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan personal kamu.

Dengan menggunakan Pegasus, kamu akan mendapatkan rekomendasi materi dan soal persiapan UTBK yang sesuai dengan kemampuan dan pemahaman kamu. Setelah kamu selesai membuat daftar materi persiapan UTBK, kamu dapat memilih salah satu materi persiapan UTBK di daftar tersebut dan mulai belajar dengan teknik Pomodoro. Selain itu, Pegasus juga dapat membantu kamu dalam memeriksa sejauh mana progres belajar taklukkan UTBK kamu.

Pada halaman depan Pegasus, kamu dapat melihat informasi progress belajar kamu sekaligus dengan passing grade jurusan kuliah impian kamu. Informasi progres belajar kamu ini juga akan terintegrasi dengan progres kamu di TryOut Series Pahamify, loh! Jadi kamu dapat mengetahui berapa nilai yang harus kamu dapatkan dan materi apa saja yang masih harus kamu pelajari untuk mendapatkan kursi di PTN impian kamu.

Kamu mau mengecek target belajar kamu sudah tercapai atau belum saat kamu selesai melakukan persiapan UTBK dengan teknik Pomodoro? Bisa banget! Pegasus juga memiliki fitur target mingguan yang dapat menjadi panduan belajar kamu di setiap minggu. Keren banget, kan!

Nah, itulah pembahasan mengenai teknik Pomodoro dan Pegasus Pahamify yang dapat membantu persiapan UTBK kamu. Dijamin, deh, dengan menggunakan fitur super canggih Pegasus Pahamify, kamu dapat taklukkan UTBK nanti! Langsung dicoba, ya, kamu!

(Penulis: Salman Hakim Darwadi)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)