Dosen Unesa Ungkap 4 Manfaat Olahraga Saat Puasa

Jum'at, 08 April 2022 - 11:08 WIB
loading...
Dosen Unesa Ungkap 4 Manfaat Olahraga Saat Puasa
Dosen Unesa ungkap ada 4 manfaat olahraga saat puasa. Foto/Rawpixel.com.
A A A
JAKARTA - Aktif melakukan olahraga memang membawa banyak manfaat seperti akan menjaga tubuh tetap sehat. Namun di bulan puasa ini banyak orang takut melakukan olahraga. Padahal puasa bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik.

Olahraga harus tetap dilakukan selama bulan puasa sebab akan menjaga kondisi badan tetap sehat dan juga bugar. Waktu olahraga yang baik juga direkomendasikan dilakukan beberapa saat menjelang berbuka puasa.

Jenis olahraga yang baik dilakukan saat puasa juga bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Seperti bisa berolahraga dengan berjalan, jogging ataupun bersepeda.

Menurut Kunjung Ashadi, dosen Fakultas lmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ada banyak manfaat olahraga saat puasa.

Baca: Dokter Unair Bagi Tips Puasa Aman dan Sehat bagi Lansia

1. Badan Fresh, Mood Booster

Manfaat olahraga saat bulan puasa di antaranya, bisa memperbagus mood dan menjaga stabilitas emosi. Selain itu,menjaga metabolisme tubuh dan membuat hormon bisa bekerja maksimal.

Saat olahraga, kata Kunjung, tubuh mengeluarkan hormon endorfin, hormon pemicu kegembiraan atau bahagia. “Makanya, setelah berolahraga tubuh kita terasa lebih fresh, plong, pikiran rileks dan lebih nyaman,” ujarnya melansir laman resmi Unesa, Jumat (8/4/2022).

2. Stres Kurang, Daya Tahan Tubuh Terjaga

Olahraga sangat penting pada masa pandemi yang mengharuskan setiap orang menjaga daya tahan tubuh. Nah, seringkali, karena perut kosong, kondisi cenderung lemas ditambah beban kerja membuat seseorang rentan stres. Beban pikiran maupun psikologis sangat berisiko terhadap turunnya daya tahan tubuh. Olahraga dapat mengurangi beban pikiran dan psikologis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)