Kembangkan Riset Bencana, Universitas Telkom Kolaborasi dengan BNPB

Sabtu, 09 April 2022 - 12:53 WIB
loading...
Kembangkan Riset Bencana, Universitas Telkom Kolaborasi dengan BNPB
Telkom University (Tel-U). Foto/Dok/Humas Tel-U
A A A
JAKARTA - Forum Alumni Universitas Telkom ( FAST ) tengah menggodok kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di sektor riset terkait kebencanaan. Saat ini kedua pihak pun sudah melakukan pertemuan.

Presiden FAST, Sri Safitri mencatat sebagai kapasitasnya sebagai wadah alumni Universitas Telkom , FAST ingin berkontribusi kepada negara dari sisi penanggulangan bencana melalui riset kebencanaan.



“FAST ingin menjembatani kampus (Universitas Telkom) dengan BNPB untuk peluang riset di bidang kebencanaan," ungkap Sri Safitri dalam keterangan persnya, Sabtu (9/4/2022).

Fitri berharap ada kerja sama penelitian di bidang penanggulangan bencana antara Universitas Telkom dengan BNPB. Upaya ini lantaran Universitas Telkom memiliki fasilitas dan dukungan teknologi digital yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Senada, Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom, Angga Rusdinar menyatakan pihaknya telah melakukan banyak penelitian dan inovasi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.



“Sejak pandemi Covid-19, kami membuat alat desinfektan ruangan berbasis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau robot, dan telah dihibahkan ke wisma atlet juga Pemerintah," ungkap Angga.

Penelitian dan inovasi lainnya yang telah dilakukan Universitas Telkom antara lain membuat sistem pendeteksi dan recovery bencana, prediksi dan simulasi tsunami, dan artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi tinggi permukaan laut.

Merespon hal ini, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyambut baik peluang yang ditawarkan FAST dan Universitas Telkom ini. Menurutnya, penanggulangan bencana di Indonesia bukan hanya Covid-19, tapi juga yang paling menyita perhatian dunia yaitu kebakaran hutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)