Untar Kenalkan Mahasiswa Desain Interior dengan Industri

Rabu, 13 April 2022 - 13:31 WIB
loading...
Untar Kenalkan Mahasiswa Desain Interior dengan Industri
Lokarya Terrazo Untar. Foto/Dok/Humas Untar.
A A A
JAKARTA - Universitas Tarumanagara (Untar) memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswanya dengan berkolaborasi dengan dunia industri . Salah satunya mengenalkan mahasiswa dari prodi desain interior Untar dengan material interior yang berkembang saat ini.

Salah satu material interior yang menjadi tren adalah Terrazzo. Terrazzo merupakan material yang diremajakan kembali dari kesan yang kuno menjadi lebih bervariasi, dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan desainer.

Guna meningkatkan kreativitas desainer dalam melakukan sebuah perancangan, Untar menggelar lokakarya bagi mahasiswa program studi desain interior bekerja sama dengan Terrazo WSP dan Studio Vershome yang telah dilakukan pekan lalu.

"Dulu kami sering undang praktisi datang ke kampus. Tapi sekarang kami ingin bawa mahasiswa keluar kampus, supaya mereka bisa praktik langsung. Tidak hanya terkait magang, tapi mereka ketemu orang baru," terang Kepala Prodi Desain Interior Untar Maitri Widya Mutiara, melalui keterangan tertulis, Rabu (13/4/2022).

Baca: Komisi X DPR Desak Kemendikbudristek Kaji Ulang Kurikulum Merdeka Belajar

Ia mengatakan, lokakarya akan menambah pengalaman mahasiswa desain interior Untar terkait kebutuhan industri. Apalagi, jelasnya, tren desain interior saat ini semakin diminati masyarakat. “Saat ini, kebutuhan komersial di bidang desain interior sangat banyak. Banyak kantor yang mere-desain lagi kantornya, supaya menjadi lebih kreatif. Itu tugas kami di interior yaitu membangun suasana melalui fisik ruangan," imbuh dia.

Dosen Prodi Desain Interior Untar Dwi Sulistyawati yang menjadi narasumber mengatakan, lokakarya terrazzo ini memberikan mahasiswa kesempatan menggali berbagai wawasan seputar desain interior yang sedang berkembang. Salah satunya tentang material terazzo.

Meski bukan barang baru, lanjut Dwi, mengenal lebih jauh tentang material yang sedang diminati publik ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan eksperimen lanjutan. Hal ini untuk menghasilkan desain interior yang lebih kreatif dan inovatif. "Kalau cuma baca, lihat gambar, atau tidak touching, mahasiswa tidak alan paham betul. Diharapkan mereka betul-betul mempunyai pengalaman menciptakan, dari apa sampai jadi apa," terang Dwi.

Baca juga: Masih Bingung Mau Daftar Sekolah Kedinasan 2022? Simak Info Penting Ini

Hal senada disampaikan Creative Director of Vershome Roni Timothy. Dia mengatakan kolaborasi yang terwujud dalam lokakarya ini tidak cuma untuk mengenalkan mahasiswa dengan material terazzo, namun juga mendorong mahasiswa menghasilkan desain dengan bertanya langsung ke pakar.

"Bukan cuma dari buku, nonton, mereka bisa menyaksikan dan bertanya langsung ke pakar dan bisa pegang langsung bahannya, merancang dari awal. Mereka yang berkecimpung di desain interior perlu ketemu langsung, kolaborasi, sehingga bisa menghasilkan desain yang kreatif," ujar Roni.

Selain Roni Timothy dan Dwi Sulistyawati, lokakarya terrazzo menghadirkan Founder TerrazzoWSP Setya Hernanda dan Specifier Engineer Mapei Indonesia Jeffry George.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)