Bingung Tugas Menumpuk? Pelajar Bisa Coba 5 Tips Ini agar Tetap Fokus

Rabu, 13 April 2022 - 15:16 WIB
loading...
Bingung Tugas Menumpuk? Pelajar Bisa Coba 5 Tips Ini agar Tetap Fokus
Tips tetap fokus saat tugas menumpuk. Foto/Dok/Zenius
A A A
JAKARTA - Apakah pernah di saat kamu sudah membuat daftar rencana kegiatan untuk sehari, terkadang ada saja tugas dadakan atau hal lain yang perlu diselesaikan? Hal tersebut tentunya membuat kamu kewalahan, karena harus mengerjakan banyak hal secara bersamaan dalam satu waktu.

Sebagai seorang pelajar , cukup wajar jika pernah berada dalam kondisi di mana siswa menerima tugas/pekerjaan yang menumpuk. Hal tersebut tentunya membuat setiap siswa kewalahan karena harus mengerjakan banyak hal secara bersamaan dalam satu waktu.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat berada dalam situasi tersebut? Melalui siaran pers yang dikutip Rabu, (13/4/2022), platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum lima tips yang bisa diterapkan untuk tetap fokus.

Baca: Cerita Vina, Mahasiswi Unair yang Alami Culture Shock Saat Studi di Korsel

1. Buat Skala Prioritas

Tanyakan pada dirimu sendiri, hal apa yang perlu kamu selesaikan lebih awal? Tugas mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan? Kedua pertanyaan tersebut akan membantumu untuk menentukan urutan prioritas dari setiap tugasmu.

Untuk hal yang sifatnya sangat mendesak, misalnya seperti tugas yang akan segera dikumpulkan, tentu akan masuk di prioritas tertinggi sehingga perlu dikerjakan di awal. Begitupun sebaliknya dengan hal-hal yang tidak terlalu mendesak, kamu bisa mengerjakannya setelah tugas yang lebih mendesak sudah selesai.

Menyusun skala prioritas dapat dilakukan di pagi hari, atau di malam sebelumnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi notes yang ada di ponselmu, menulis secara manual di jurnal harian, atau menggunakan aplikasi penunjang produktivitas seperti Todoist, Evernote, dan Trello.

Jangan sampai terbalik atau tertukar dalam menyusun skala prioritas, supaya kamu dapat mengerjakan semua tugasmu dengan waktu yang cukup dan tidak tergesa-gesa.

2. Jangan Mudah Terdistraksi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5220 seconds (0.1#10.140)