Ini Tips Mengerjakan Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 untuk Tiap Mapel

Senin, 02 Mei 2022 - 09:28 WIB
loading...
Ini Tips Mengerjakan Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 untuk Tiap Mapel
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Padjajaran (Unpad) 2021. Foto/Dok/Unpad
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 akan dimulai 17 Mei nanti. Tentunya bagi peserta UTBK SBMPTN sudah belajar lebih maksimal menjelang pelaksanaan ujiannya nanti.

Seperti diketahui, UTBK SBMPTN 2022 membagi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri pada tiga kelompok ujian. Yakni kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Baca juga: Bisa Jadi Alternatif, Ini Sederet Jurusan Kuliah Kurang Diminati di UI, ITB, dan UGM

Kelompok ujian Saintek nantinya akan menemui materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek yang meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Waktu ujian bagi kelompok Saintek selama 195 menit.

Sementara kelompok ujian Soshum juga akan diuji dengan TPS dan Bahasa Inggris. Sementara ujian TKA-nya meliputi mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi waktu ujian selama 195 menit.

Sedangkan untuk kelompok Ujian Campuran akan menemui materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi waktu ujian bagi kelompok ini lebih lama dari Saintek dan Soshum yakni selama 285 menit.

Baca juga: 11.312 Peserta akan Tes UTBK di Unpad, Ini Pesan Rektor

Bagi peserta UTBK SBMPTN yang mengambil kelompok ujian Saintek, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berjuang di arena pertempuran. Tips di bawah ini wajib kalian baca untuk memaksimalkan proses dalam mengerjakan soal UTBK Saintek dengan tepat dan lancar.

Mari kita bahas tips-tipsnya satu per satu berdasarkan kategori soalnya seperti yang dilansir dari laman resmi Ruangguru di ruangguru.com berikut ini.

1. Tips mengerjakan soal UTBK Matematika IPA

Berbeda dengan matematika dasar atau matematika IPS, soal UTBK matematika Saintek fokus pada subjek pelajaran yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Kunci dalam mengerjakan soal-soal ini adalah penguasaan materi yang berkaitan dengan fungsi, teknik integrasi/diferensiasi, dan interpretasi dari setiap persamaan matematika. Penguasaan fungsi trigonometri juga menjadi faktor penting dalam menghadapi soal-soal ini.

2. Tips mengerjakan soal UTBK Kimia

Soal-soal UTBK Kimia tidak akan terlepas dari konsep mol. Secara sederhana, mol diartikan sebagai satuan kuantitatif untuk partikel sejumlah bilangan avogadro. Beberapa poin penting dari materi ini juga terkait dengan persamaan reaksi kimia dan dinamikanya, juga konsep sifat-sifat unsur dalam sistem periodik. Selain itu, beberapa materi seperti Stoikiometri, Larutan, Ikatan, dan Reaksi Redoks serta Elektronika merupakan soal yang kerap kali keluar pada materi Saintek Kimia. Tetapi ingat, bagaimana pun soalnya, tetap kerjakan dari yang paling mudah terlebih dahulu, ya.

3. Tips mengerjakan soal UTBK Fisika

Banyak yang berasumsi bahwa mata pelajaran yang paling sulit di UTBK-SBMPTN adalah fisika. Namun jangan khawatir, dua tips ini akan memudahkan kamu dalam mengerjakan soal-soal UTBK Fisika, lho! Pertama, pada materi analisa dimensi, kenali satuan apa yang diketahui dan satuan apa yang ditanyakan. Jika hal ini sudah kamu kuasai, ada baiknya kamu tahu juga faktor-faktor konstanta yang mungkin ada dalam perhitungannya.

Kedua, interpretasi soal dengan seksama. Artinya, kamu perlu memahami cerita yang dipermasalahkan dalam soal dan bagaimana fenomenanya secara nyata. Hal ini penting untuk mempermudah analisa terhadap hukum-hukum apa saja yang berlaku dalam satu soal. Materi yang sering muncul di soal UTBK Fisika yaitu Getaran dan Gelombang, Kinematika, Listrik Statis dan Dinamis, serta Zat dan Kalor.

4. Tips mengerjakan soal UTBK Biologi

Khusus untuk mata pelajaran Biologi, kamu bisa belajar dari soal-soal prediksi SBMPTN-UTBK 2021 dan soal-soal tahun lalu dengan memahami konsep tiap butir soalnya. Perbanyak latihan soal sambil pahami juga beberapa kosakata dalam istilah biologi yang jarang digunakan di percakapan sehari-hari, seperti lilis (pecah/hancur) dan fag (makan). Materi yang sering muncul di soal UTBK Biologi antara lain Sel, Jaringan, dan Organ, Fungsi Alat Tubuh Manusia, Genetika & Mutasi, Metabolisme Sel, dan Ekologi.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1396 seconds (10.55#12.26)