Mau Masuk ITB Lewat Seleksi Mandiri? Catat Dulu Persyaratan dan Jadwalnya

Sabtu, 16 April 2022 - 15:56 WIB
loading...
Mau Masuk ITB Lewat Seleksi Mandiri? Catat Dulu Persyaratan dan Jadwalnya
Informasi jalur Seleksi Mandiri ITB. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak hanya membuka penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN ataupun SBMPTN. Namun ada lagi jalur Seleksi Mandiri ITB yang pendaftarannya dijadwalkan dibuka pada 6-29 Juni 2022 nanti.

Jalur Seleksi Mandiri ITB sendiri memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA untuk mengikuti pendidikan program sarjana di kampus yang berpusat di Bandung, Jawa Barat ini.

Seleksi Mandiri ITB diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Namun demikian jalur Penerimaan Seleksi Mandiri ITB dapat menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP-K atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K.

Dilansir dari portal informasi penerimaan mahasiswa baru ITB di laman admission.itb.ac.id, berikut ini kriteria untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri ITB.

Seleksi Mandiri (SM) – ITB tahun dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB. Seleksi SM-ITB dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:

1.Hasil UTBK dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD
2.Hasil UTBK dan Nilai Rapor, hasil Kemampuan Seni Rupa, bagi pendaftar ke FSRD

Baca: Mahasiswa ITS Teliti Buah Butun untuk Anestesi Alami Ikan Kerapu

Persyaratan Peserta SM-ITB

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1 s.d. semester 6.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

3. Memiliki dan mengunggah nilai Rapor lengkap semester 1 s.d semester 6.

4. Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2022.

6. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana ITB.

7. Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.

8. Lulusan tahun 2020 dan 2021 dapat mendaftar SM-ITB dengan syarat memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

9. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat :
- Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)
- Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)
- Sekolah Farmasi (SF)
- Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)
- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)
- Program Studi Kimia (FMIPA)
- Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa)
- Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)
- Program Studi Teknik Pangan (FTI – Kampus Jatinangor)

Petunjuk Pendaftaran

Calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) harus melaksanakan pendaftaran online di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut :

Baca juga: Mengenal Rachmah Ida, Profesor Pertama Studi Media di Indonesia yang Masuk Top 100 Scientist

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS, serta lulusan Paket C jurusan IPA/IPS, dengan ijazah tiga tahun terakhir.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

3. Memiliki data prestasi akademik (nilai rapor) dan mengunggah nilai Rapor semester 1 s.d. semester 6.

4. Memiliki nilai UTBK tahun berjalan.

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB di tahun berjalan.

6. Menyelesaikan pendaftaran calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dengan tahapan sebagai berikut :

a. Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.
- Penulisan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB)harus sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.
- ITB akan menyampaikan nomor peserta SM-ITB dan password ke alamat e-mail masing-masing calon peserta.
- Masing-masing calon peserta hanya diperkenankan memiliki 1 account pendaftaran SM-ITB.
b. Mengisikan data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.
c. Mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisasi) semester 1 s.d. semester 6. Nilai rapor yang diisikan dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100. Hasil scan rapor semester 1 s.d. semester 6. diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 Mb. Bila terdapat lebih dari 1 nilai Matematika atau lebih dari 1 nilai Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib.
d. Mengisikan nomor peserta UTBK tahun 2022. ITB akan meminta nilai UTBK peserta yang bersangkutan secara langsung dari LTMPT. Mohon peserta memastikan bahwa NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB telah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.
- Peserta mengisikan nomor peserta UTBK tanpa tanda baca.
- Peserta mengunggah Kartu Peserta UTBK 2022 terbaru.
- Melakukan pemilihan Fakultas/Sekolah/Program Studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah dan kelompok UTBK yang diikutinya. Calon peserta dapat memilih maksimum 2 pilihan Program Studi pada pelaksanaan SM-ITB.
d. Mengunggah hasil scan Akta Kelahiran asli dalam format pdf.
e. Mengunggah Pas Foto berwarna terbaru (bukan foto selfie/foto media sosial), dalam format jpg.
f. Mengunggah hasil scan bukti kelulusan SMA, dengan ketentuan sebagai berikut :
- Bagi lulusan tahun 2020 dan 2021, mengunggah hasil scan Ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
- Bagi lulusan tahun 2022, mengunggah hasil scan Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan/atau tanda tangan kepala sekolah pada SKL harus mengenai foto calon peserta SM-ITB) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
g. Mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna (total maupun parsial) dari Dokter Spesialis Mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Umum/Non Spesialis Mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan (dilengkapi pas foto calon peserta yang terkena cap Klinik/Rumah Sakit) bagi peminat :
- Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)
- Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)
- Sekolah Farmasi (SF)
- Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)
- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)
- Program Studi Kimia (FMIPA)
- Program Studi Teknik Geologi (FITB - Kampus Ganesa)
- Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)
- Program Studi Teknik Pangan (FTI – Kampus Jatinangor)
h. Melakukan pelunasan biaya seleksi ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta. Ketentuan mengenai biaya seleksi yang harus dilunasi dapat diperoleh di bagian "Biaya Pendidikan".
i. Melakukan finalisasi pendaftaran dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) baru dinyatakan selesai setelah peserta mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Setelah finalisasi dilakukan, peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.

7. Khusus untuk pendaftar ke program studi yang ada di bawah FSRD-G, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan secara online. Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Tes Kemampuan Seni Rupa akan disampaikan kemudian di akun masing-masing peserta.

8. Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Calon peserta yang belum menyelesaikan pengisian data/pengunggahan dokumen persyaratan hingga akhir masa pendaftaran dan/atau belum melakukan finalisasi pendaftaran/pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan dinyatakan belum menyelesaikan pendaftaran dan tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.

Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022

6 - 29 Juni 2022: Pendaftaran Peserta

1 Juli 2022: Pelaksanaan UJK Seni Rupa

12 Juli 2022: Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri

14 - 19 Juli 2022: Pelengkapan dan Verifikasi Data Ekonomi

20 - 24 Juli 2022: Pendaftaran Online

25 - 29 Juli 2022: Pembayaran UKT dan IPI

Demikian informasi mengenai persyaratan, petunjuk pendaftaran dan jadwal penting Seleksi Mandiri ITB 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya pendidikan hingga program studi yang disediakan simak di laman admission.itb.ac.id.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)