Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Jurusan Teknik Robotika

Senin, 18 April 2022 - 10:37 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Jurusan Teknik Robotika
Inovasi robot barista di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews/Faisal Rahman.
A A A
JAKARTA - Perkembangan saat ini membuat semakin banyak anak muda yang dekat dengan perkembangan teknologi, seperti teknologi robotika . Hal ini pun berdampak kepada pemilihan jurusan di perguruan tinggi dimana makin banyak siswa memilih jurusan Teknik Robotika.

Mahasiswa jurusan Teknik Robotika nantinya akan mempelajari tiga ilmu penting. Yakni ilmu komputer, ilmu elektronika dan juga sistem ilmu mekanika. Ketiganya dipelajari karena program studi ini difokuskan untuk pengembangan robotika dan kecerdasan buatan.

Dari perpaduan inilah maka seorang mahasiswa jurusan Teknik Robotika bisa menghasilkan sebuah karya berupa sistem cerdas yang bisa digunakan dan diaplikasikan pada semua bidang yang akan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik memilih jurusan Teknik Robotika, simak keuntungan bagi lulusan jurusan Teknik Robotika hingga prospek kerja yang bisa dijalani yang dilansir dari laman resmi Quipper Campus berikut ini.

Keuntungan yang bisa diperoleh lulusan Teknik Robotika

1. Jurusan Teknik Robotika merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu pengetahuan. Melanjutkan studi di jurusan ini tentu akan menambah pengetahuan dan pengalaman, karena akan banyak kegiatan praktik yang akan ditemukan. Mempraktikkan ilmu yang sudah didapatkan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga karena bisa lebih memahami pelajaran yang sudah didapat.

Baca: Sisihkan 56 Tim, Mahasiswa UGM Juara Branding Competition Brexplor 2022

2. Prospek kerja dari Jurusan Teknik Robotika bisa dibilang cukup bagus, karena di masa yang akan datang teknisi robotik akan semakin dibutuhkan. Kemajuan teknologi yang sangat pesat menjadikan teknisi robotik sebagai profesi yang nanti dicari-cari karena semua sektor industri nantinya akan lebih banyak menggunakan tenaga mesin atau robot dibandingkan dengan tenaga manual atau tenaga manusia.

3. Jika sudah memiliki pengetahuan dalam dunia robotik, tentu untuk membuat sebuah karya sendiri khususnya robot sudah bukan hal sulit lagi. Penerapan ilmu yang sudah didapat bisa menciptakan sebuah karya yang bermanfaat dan tentu bisa menjadi kebanggaan diri sendiri.

4. Jika sudah bergabung dalam Jurusan Teknik Robotika, secara otomatis akan melek teknologi. Sebagai generasi milenial menjadi orang yang melek teknologi memang penting, karena zaman terus berubah dan sekarang hampir semuanya dikerjakan dengan bantuan teknologi. Jika tidak mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, bagaimana bisa memahami kerja robot yang sekarang ini sedang banyak digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)