Mahasiswa, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan 2 Fakultas Baru UNS

Senin, 18 April 2022 - 19:47 WIB
loading...
Mahasiswa, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan 2 Fakultas Baru UNS
Kenal lebih dekat dengan 2 fakultas baru UNS. Foto/Biro Setpres.
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta resmi membuka dua fakultas baru. Kedua fakultas tersebut yakni Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data serta Fakultas Psikologi . Surat keputusan (SK) pendirian kedua fakultas ini dikeluarkan pada 11 Maret 2022, bertepatan dengan Dies Natalis ke-46 UNS.

Bagi sivitas akademika UNS, dua fakultas baru tersebut bukanlah hal baru. Ini karena dua fakultas tersebut merupakan pengembangan dari dua program studi (prodi) yang ada di UNS. Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data merupakan pengembangan dari Prodi Teknik Informatika dan Komputer (TIK) yang semula di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sementara Fakultas Psikologi merupakan pengembangan dari Prodi Psikologi yang awalnya menginduk di Fakultas Kedokteran (FK).

Sejumlah alasan mendasari pengembangan dua prodi tersebut menjadi fakultas baru. Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho menjelaskan alasan pertama yakni tingginya animo calon mahasiswa baru yang mendaftar di kedua prodi tersebut. Prodi Psikologi UNS pada 2021 tercatat diminati oleh 10.149 pendaftar, padahal daya tampungnya hanya 150 mahasiswa. Pada tahun yang sama, Prodi TIK diminati 5.853 pendaftar, sedangkan yang diterima hanya 115 mahasiswa.

Baca: Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap II Telah Dibuka

Selain itu, Prof. Jamal menyampaikan bahwa kualitas kedua prodi tersebut sudah terjamin. Kualitas yang dimaksud yakni akreditasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kurikulum yang digunakan. Dengan pertimbangan tersebut, Senat Akademik UNS memutuskan untuk mengembangkan dua prodi tersebut menjadi fakultas.

Meskipun menambah dua fakultas baru, Prof. Jamal menegaskan bahwa UNS tidak akan menambah dekan. Hal ini guna merampingkan struktural di UNS. “Meskipun ada dua fakultas baru, kami tidak menambah dekan baru. Ke depan harus miskin struktur, kaya fungsi. Ke depan dengan banyaknya fakultas, tidak banyak pejabat,” ujarnya, dilansir dari laman resmi UNS, Senin (18/4/2022).

Dengan demikian, dua fakultas tersebut masih akan dikepalai oleh dekan fakultas sebelumnya. Dekan FMIPA akan mengepalai Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data. Sementara itu, Dekan FK akan menjadi kepala untuk Fakultas Psikologi.

Terobosan Dua Fakultas Baru

Saat ini kedua fakultas tersebut baru memiliki satu prodi. Namun, kepala prodi masing-masing menyampaikan akan mengembangkan prodi lain di fakultas tersebut. Kepala Prodi TIK, Dr. Wiharto mengatakan, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data akan menambah satu prodi baru yakni Prodi Sains Data.

Baca juga: Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 Telah Ditutup, Berapa Jumlah Pesertanya?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1879 seconds (10.101#12.26)