5 Tips Lebih Siap Hadapi UTBK 2022 dari Kemendikbudristek

Rabu, 20 April 2022 - 19:59 WIB
loading...
5 Tips Lebih Siap Hadapi UTBK 2022 dari Kemendikbudristek
5 tips lebih siap hadapi UTBK 2022 dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Foto/Tangkap layar Instagram.
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) sebagai pintu masuk ke perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Bersama Masuk PTN ( SBMPTN ) 2022 akan digelar Mei mendatang. Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek pun membagikan lima tips agar lebih siap menghadapi UTBK.

Adanya UTBK sendiri ditujukan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Maka dari itu setiap peserta akan diuji oleh tiga tes yang perlu dipersiapkan dengan belajar secara maksimal.

Tes tersebut adalah:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Peserta akan diuji Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

Baca: Ingat Ya, Tes Gelombang 1 UTBK SBMPTN Akan Dimulai 17-23 Mei 2022

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Tes kemampuan bahasa Inggris ini dinilai penting untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Sedangkan TKA akan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)