Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa Bidang Seni dan Budaya, UI Gelar Syiar Ramadhan

Kamis, 21 April 2022 - 19:46 WIB
loading...
Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa Bidang Seni dan Budaya, UI Gelar Syiar Ramadhan
Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan event Syiar Ramadan Kampus UI pada 18-21 April 2022 di Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 H , Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan event 'Syiar Ramadan Kampus UI'. Ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam event tersebut, antara lain workshop kaligrafi dan seni baca Al-Qur’an yang berlangsung pada 18-21 April 2022 di Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok.

Sementara, pameran kaligrafi, sarasehan budaya dan Festival Seni Ramadan pada 22- 24 April 2022 di Makara Art Center UI (MAC UI).



Event ini diselenggarakan oleh MAC UI bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan, Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, Asrama Mahasiswa UI, dan didukung oleh para musisi nasional yang tergabung dalam KOMUJI (Komunitas Musisi Ngaji) dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI.

Kepala MAC UI Dr. Ngatawi Al-Zastrouw mengatakan, event ini merupakan upaya membangun ekosistem kebudayaan di lingkungan sivitas akademika UI.

“Kita perlu menciptakan ruang perjumpaan dari berbagai perbedaan yang dapat menciptakan kebahagiaan bersama agar tercipta saling pengertian. Bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk menciptakan ruang perjumpaan tersebut. Melalui event Syiar Ramadhan Kampus UI, kami berharap upaya tersebut dapat tercapai,” kata Al-Zastrouw.



Selain itu, event ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di bidang seni budaya. Dalam event tersebut, para mahasiswa dan sivitas akademika dapat bertemu dan belajar dengan para ahli yang mumpuni di bidangnya dan praktisi dari luar kampus UI.

“Event ini merupakan bagian dari penerapan konsep merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Para expert dan praktisi dari luar yang datang ke kampus UI dan memberikan pelatihan juga berdiskusi dengan para mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa, sehingga dengan demikian dapat mendorong reputasi dan pemeringkatan kampus UI,” kata Direktur Kemahasiswaan UI Badrul Munir, Ph.D.

Sarasehan budaya yang akan diselenggarakan pada 23 April 2022 pukul 15.30 WIB ini akan membahas tema “Seni Religi di Era Digital”, menghadirkan pembicara Dr. Dr. Endah Triastuti (Dosen Komunikasi Fisip UI), Qaris Tajudin (Redaktur Senior media nasional dan Direktur Tempo Institute), dan Susy Iffaty (Aktivis Media dan PP Lesbumi NU).

Dalam kegiatan Festival Seni Ramadhan akan ditampilkan berbagai seni pertunjukan tradisional maupun kontemporer, di antaranya seni Karinding dan Cigawira, Hadrah, Gambus, Kolintang, gamelan dan musik kontemporer. Para pengisi acara yang hadir di antaranya para artis Komuji, Kikan & Hanum, Panji Sakti, Budi Cilok, Gambus Ar-Romania, komunitas Adat Garut dan para seniman dari SKSG UI, FIB dan UKM UI.

Festival Seni Ramadan ini akan dibuka oleh Wakil Rektor I UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rar.net, Abdul Haris, M.Sc. pada Jumat, 22 April 2022, pukul 15.30 WIB di MAC UI dan akan disiarkan secara streaming melalui platform youtube, FB dan IG MAC UI.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7872 seconds (0.1#10.140)