5 Artis Lulusan SMA 8 Jakarta, Adakah Idolamu?

Sabtu, 23 April 2022 - 12:21 WIB
loading...
5 Artis Lulusan SMA 8 Jakarta, Adakah Idolamu?
Nichola Saputra adalah salah satu alumni SMA 8 Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - SMA Negeri 8 Jakarta atau yang dikenal juga dengan nama SMANDEL telah lama dikenal sebagai salah satu sekolah unggulan di DKI Jakarta. Terletak di kawasan Tebet, Jakarta Selatan sekolah ini banyak melahirkan tokoh publik terkenal termasuk dari kalangan artis .

Pada daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2021 Berdasarkan Nilai UTBK yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SMA 8 Jakarta berada di posisi ketiga nasional dan posisi 2 terbaik di Provinsi DKI Jakarta.

SMA Negeri 8 Jakarta sendiri berdiri pada 1 Agustus 1958 di Taman Slamet Rijadi Jakarta dengan nama SMA Negeri VIII/ABC. Kemudian pada 1959, terjadi pemindahan tempat atau gedung sekolah di SMP Negeri III Jakarta di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan.

Selanjutnya pada 30 Maret 1971, SMA Negeri 8 Jakarta berdiri di Jalan Taman Bukit Duri, Tebet. Saat itu peresmian SMA Negeri 8 langsung dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta yang banyak berjasa mengembangkan Jakarta sebagai kota metropolitan, Ali Sadikin.

Baca: 130 Calon Siswa Lolos Seleksi SMA Pradita Dirgantara, Ini Link Pengumumannya

Sebagai salah satu sekolah unggulan dan ternama, SMA 8 Jakarta telah banyak melahirkan alumni-alumni ternama yang memiliki peran besar di Tanah Air di berbagai bidang. Tidak terkecuali dari kalangan selebritis. Berikut ini lima artis ternama alumni SMA Negeri 8 Jakarta yang dirangkum dari laman Wikipedia.

1. Nicholas Saputra

Nicholas Saputra termasuk deretan pemain film papan atas di Indonesia. Banyak film-film yang diperaninya masuk dalam daftar film terlaris ataupun menang di berbagai penghargaan.

Alumni jurusan Arsitektur Universitas Indonesia ini pun berhasil menang FFI sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di film Gie. Dan juga menyabet Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik dalam film Aruna dan Lidahnya.

Pada 2002, Nicholas memulai debutnya sebagai aktor saat memainkan peran sebagai Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta. Setelah itu dia sukses dalam berbagai film yang ia bintangi.

2. Nugie

Nugie memiliki nama lengkap Agustinus Gusti Nugroho yang lahir pada 31 Agustus 1971. Adik dari Katon Bagaskara ini terkenal sebagai gitaris dan penyanyi solo sebelum saat ini bergabung dengan grup musik The Dance Company.

Pada 1995, Nugie merilis album trilogi pertama berjudul Bumi. Kemudian dilanjutkan dengan Air pada 1996, dan Udara (1998). Trilogi seri II dirilis pada 2004 dengan album bertajuk Bahagia. Single pertama dalam album ini adalah Bisa Lebih Bahagia.

Nugie tidak hanya aktif di dunia hiburan, namun juga terlibat dalam kegiatan terkait kemanusiaan dan lingkungan hidup. Hal ini diwujudkan dalam beberapa lagu yang dia buat seperti Burung Gereja dan Teman Baik.

3. Indra Herlambang

Alumni SMA 8 Jakarta yang satu ini adalah seorang artis multitalenta yang tidak hanya pintar menjadi aktor, namun juga sebagai pembawa acara ternama di Indonesia dan juga aktif sebagai penulis.

Pria kelahiran Bandung ini juga merupakan alumni dari Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. Indra mengawali kariernya sebagai penyiar radio di Bandung dan semakin dikenal luas publik setelah menjadi presenter acara televisi.

Tidak hanya menjajaki bermain di beberapa film seperti Janji Joni, Hari Untuk Amanda hinga Rectoverso, Indra pun terlibat sebagai penulis skenario untuk film Mereka Bilang Saya Monyet, Rectoverso, dan Mika. Bersama dengan Djenar Maesa Ayu, Indra meraih piala FFI 2009 dalam kategori Skenario Adaptasi Terbaik di film Mereka Bilang Saya Monyet.

Baca juga: UNNES Buka Seleksi Mandiri Jalur PGSD Unggulan, Cocok untuk Calon Guru

4. Uya Kuya

Surya Utama atau yang dikenal dengan nama Uya Kuya saat ini dikenal sebagai presenter ternama yang rajin wara wiri di dunia pertelevisian Indonesia. Tidak hanya sukses sebagai presenter, Uya Kuya sebelumnya juga dikenal sebagai rapper, penyanyi, dan juga penyiar radio.

Pria yang dikenal dengan gaya busana dan penampilannya yang nyentrik ini mengawali kariernya dengan mengikuti Festival Tenda Mangkal Prambors dan menang di kategori Akapella. Kariernya berlanjut dengan menjadi penyiar radio di Jakarta. Bakatnya pun dilanjutkan dengan menjadi presenter di berbagai acara televisi.

Uya juga dikenal sebagai salah satu personel grup Tofu yang merilis album perdananya pada 2001 yang berisikan 10 lagu di antaranya Cinta Semu dan Mimpi Terindah. Namun setelah mengeluarkan album kedua, Uya keluar dari Tofu dan aktif bersolo karier.

5. Sheila Dara Aisha

Sheila Dara Aisha lahir pada 24 September 1992 dan saat ini merupakan salah satu pemain film wanita yang patut diperhitungkan. Marmut Merah Jambu, Sabtu Bersama Bapak, Ratu Ilmu Hitam, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, dan Teka Teki Tika menjadi beberapa film yang dibintanginya dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

Alumni SMA 8 Jakarta yang satu ini melanjutkan pendidikan tinggi ke Universitas Indonesia dan berhasil lulus dalam jangka waktu 3,5 tahun saja. Saat menempuh pendidikan di UI, Sheila bergabung di label WannaB Music Production dan mengeluarkan album bersama teman satu labelnya, Nikki, berjudul Nikki VS Sheila.

Selain berkarier di dunia hiburan, Sheila juga menjadi direktur utama di Shefai Dream Production, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan pasca-produksi. Sheila resmi menikahi Vidi Aldiano pada 15 Januari 2022 lalu.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)