Bisa Belajar dan Magang di Luar Negeri, Yuk Daftar IISMA Edisi Vokasi

Sabtu, 23 April 2022 - 17:29 WIB
loading...
Bisa Belajar dan Magang di Luar Negeri, Yuk Daftar IISMA Edisi Vokasi
Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek Benny Bandanadjaya. Foto/Dok/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan Program Indonesian International Student Mobility Award ( IISMA ) Edisi Vokasi Tahun 2022. Program ini, akan memberikan beasiswa kepada 400 mahasiswa vokasi untuk belajar dan magang di luar negeri selama satu semester.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (Dir. Akademik PTV) Kemendikbudristek, Benny Bandanadjaya mengatakan program IISMA Edisi Vokasi hadir untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa beraktivitas di luar kampus di luar negeri sehingga dapat meningkatkan kemampuan nonteknisnya (soft skills).

“Peningkatan soft skills dengan cara memberikan kesempatan untuk bergaul keluar kampus internasional tentunya,” terang Beny, melalui siaran pers, Sabtu (23/4/2022).

Baca: 5 Tips Lebih Siap Hadapi UTBK 2022 dari Kemendikbudristek

Kepada para mahasiswa vokasi, Benny berharap mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mempersiapkan kemampuan bahasa Inggrisnya. “Kesempatan ini sangat luar biasa. Jadi pergunakanlah kesempatan ini dan yang sangat penting adalah persiapkanlah bahasa untuk berkomunikasi ketika lulus,” ujar Benny.

Terkait persyaratan khusus, Ketua IISMA Edisi Vokasi Hilda Cahyani menuturkan, syarat utama adalah warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai mahasiswa vokasi pada perguruan tinggi di Indonesia baik itu negeri maupun swasta. Bagi mahasiswa program Diploma III (D3), para mahasiswa dapat mendaftar pada saat semester III. Sementara itu, bagi mahasiswa Diploma IV (D4), para mahasiswa dapat mendaftar saat semester IV atau semester VI.

Syarat selanjutnya, lanjut Hilda, mahasiswa vokasi yang akan mendaftar IISMA Edisi Vokasi harus memiliki sertifikat bahasa Inggris. “Ada beberapa target negara yang memang menghendaki sertifikat international seperti TOIEC, Duolingo, dan TOEFL,” ucapnya.

Adapun beberapa negara yang telah mendukung program IISMA yaitu Inggris, Jerman, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Australia. Sementara itu, sepuluh bidang yang menjadi prioritas pada IISMA Edisi Vokasi yakni bidang industri, perhotelan, dan pariwisata; bidang rekayasa; bidang teknologi informasi; bidang bisnis dan manajemen; bidang akuntansi; bidang kelautan, dan maritim; bidang pengelolaan air; bidang pertanian; bidang industri kreatif; serta bidang hubungan masyarakat.

Baca juga: 10 Prodi Terfavorit Jalur UTBK-SBMPTN UNNES 2022, Cek Disini

“Para mahasiswa harus mengambil bidang yang ada irisannya sehingga menguatkan bidang ilmu yang mereka pelajari dan yang tidak temukan dikampusnya tapi didapatkan dikampus luar negeri,” papar Hilda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4512 seconds (0.1#10.140)