Prospek Kerja Jurusan Animasi, Dunianya Para Pekerja Kreatif

Selasa, 26 April 2022 - 09:29 WIB
loading...
Prospek Kerja Jurusan Animasi, Dunianya Para Pekerja Kreatif
Prospek kerja jurusan animasi. Foto/Brad Clark.
A A A
JAKARTA - Memilih jurusan di perguruan tinggi memerlukan pertimbangan yang matang. Sebab jika salah pilih jurusan akan berdampak pada masa depan. Bagi kalian yang suka bekerja di industri kreatif yang menuntut imajinasi tinggi dan suka dengan menggambar, jurusan animasi bisa menjadi pilihan karena menjanjikan prospek kerja yang luas.

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan film-film Holywood yang beredar di bioskop nusantara. Namun, tahukah kamu jika ada animator dari Tanah Air yang juga ikut terlibat dalam pembuatan film animasi Hollywood?

Sebut saja Griselda Sastrawinata, dia adalah animator asal Indonesia yang mendunia karena berpartisipasi di beberapa film animasi terkenal seperti Moana, Kunfu Panda 2, Puss in Boots, dan masih banyak film animasi lainnya.

Lalu ada pula Michael Reynold Tagore yang membanggakan Indonesia karena terlibat di beberapa film Box Office seperti The Hobbit, Dawn of The Planet of The Apes, The Wolverine, Iron Man 3, The Fast and Furious 7, hingga Batman v Superman: Dawn of Justice.

Baca: Ganjar Tantang Mahasiswa Jateng-DIY Kembangkan Ide Kreatif di Kompetisi Hackathon 2022

Masih banyak lagi animator Indonesia yang terjun di industri film Hollywood. Mereka bisa jadi sumber inspirasi sekaligus motivasi bagi kalian yang ingin mengambil jurusan animasi. Di Tanah Air, film animasi juga tengah berkembang.Misalnya film animasi Nussa yang juga tak kalah dengan film garapan Hollywood. Nussa pun berhasil menyabet film animasi panjang terbaik di FFI 2021.

Lalu apa saja yang dipelajari di jurusan animasi dan bagaimana prospek kerjanya?

Melansir dari laman Ruangguru, animasi adalah sebuah gambar bergerak yang terjadi karena kumpulan gambar yang tersusun berurutan. Ketika gambar yang disusun tadi digeser satu persatu maka akan muncul efek gerakan dari objek dalam gambar itu sendiri.

Sehingga terjadilah sebuah animasi gambar bergerak atau yang sering kita dengar sebagai kartun. Karena berhubungan dengan gambar dan cerita tertentu, sudah pasti proses pengerjaan animasi merupakan proses kreatif, dengan sentuhan teknologi.

Proses kreatif dibutuhkan agar ide dari sebuah animasi menjadi unik dan selalu bisa dikembangkan, sedangkan faktor teknologi akan menentukan bagaimana hasil dari animasi dapat menarik secara visual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)