Ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit dan Paling Diburu Calon Mahasiswa, Berani Ambil?

Rabu, 27 April 2022 - 17:27 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit dan Paling Diburu Calon Mahasiswa, Berani Ambil?
Jurusan Teknik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah tersulit bisa ditemui di beberapa fakultas di perguruan tinggi. Mahasiswanya pun harus memiliki kemampuan berpikir tinggi dan mampu menyelesaikan beban kerja yang lebih berat dari jurusan lain. Oleh karena itu, memilih jurusan kuliah pun bukan perkara mudah bagi calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa pastinya memiliki tujuan serta alasan tersendiri ketika memutuskan untuk menjalani kuliah di suatu jurusan. Baik itu berdasarkan cita-cita, menyesuaikan dengan kemampuan dan bakat, hingga menginginkan jurusan tersebut karena bergengsi dan memiliki prospek kerja yang cerah.



Namun beberapa jurusan yang tersedia di kampus ternyata memiliki reputasi sebagai jurusan yang ‘sulit masuk, sulit keluar’. Penasaran dengan jurusan yang dimaksud? Dilansir dari laman Brainacademy di brainacademy.id, ini 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia.

1. Jurusan Teknik

Bagi siswa yang tertarik untuk masuk jurusan ini harus punya tekad yang kuat sebab harus belajar ekstra demi memahami materi-materi Fisika, Kalkulus, Statistik, Biologi, hingga Geologi. Konon, sangat sulit untuk bisa mendapatkan nilai yang tinggi di jurusan ini.

Maka bukan suatu yang aneh jika mahasiswa Jurusan Teknik dikatakan memiliki nilai lebih rendah dari mahasiswa di jurusan lain. Saking sulitnya, Jurusan Teknik bahkan sampai disebut sebagai ‘jurusan neraka’ oleh National Center for Education Statistics.



Semua cabang dari ilmu Teknik ini dianggap tidak mudah. Mulai dari Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

Namun, peluang kerja yang ditawarkan untuk para lulusan Teknik Sipil juga sangat luas dan beragam. Jadi, wajar saja jika cabang ilmu teknik satu ini menjadi incaran banyak orang dan termasuk jurusan yang paling sulit untuk dimasuki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)