Calon Mahasiswa, Ini Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022 dari Rektor UGM

Selasa, 03 Mei 2022 - 05:20 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022 dari Rektor UGM
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada ( UGM ) menjadi salah satu universitas favorit pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Rektor UGM Prof Panut Mulyono menyampaikan beberapa hal agar calon mahasiswa bisa lolos UTBK-SBMPTN 2022.

Rektor menyampaikan, seleksi SBMPTN 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan seleksi masuk yang mirip dengan pola seleksi lainnya.

Baca juga: Bisa Jadi Alternatif, Ini Sederet Jurusan Kuliah Kurang Diminati di UI, ITB, dan UGM

“Yaitu untuk menjaring calon-calon mahasiswa terbaik,” kata Panut ketika dimintai pendapat mengenai tips lolos SBMPTN 2022 di UGM, Senin (2/5/2022).

Guru Besar Ilmu Energi UGM ini menuturkan, kriteria seleksi mahasiswa yang memakai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah nilai tes yang diterima oleh masing-masing peserta.

Oleh karena seleksinya dengan nilai tes, ujar Rektor, maka persiapan sebaik-baiknya untuk memperoleh nilai tes yang tinggi menjadi keharusan dalam persiapan menuju SBMPTN 2022.

Baca juga: Kisah Ipda Axel Rizky, Polisi yang Dapat Beasiswa S2 di Universitas Leeds Inggris

Di sisi lain, ungkapnya, nilai terendah atau cutting score yang ditetapkan di setiap program studi itu berbeda-beda dalam menerima calon mahasiswa baru. “Maka strategi pemilihan program studi juga sangat menentukan keberhasilan masuk UGM,” jelasnya.

Panut berharap, selain persiapan strategi maka calon mahasiswa bisa memilih program studi sesuai dengan minatnya di perguruan tinggi yang dituju dan bukan ikut-ikutan orang lain.

Selain itu, dia mengingatkan agar calon mahasiswa baru bisa memilih program studi andalannya yang disesuaikan dengan kemampuan atau rankingnya di kelas. “Persaingan nilai di program studi berbeda-beda,” terangnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1510 seconds (10.55#12.26)