Mengenal RPL, Cara Lain untuk Menempuh Kuliah di UNY

Kamis, 05 Mei 2022 - 09:30 WIB
loading...
Mengenal RPL, Cara Lain untuk Menempuh Kuliah di UNY
UNY membuka program RPL dalam penerimaan mahasiswa baru. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) terus memperluas akses masyarakat untuk menempuh studi ke perguruan tinggi . Salah satunya dengan membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Bagi masyarakat yang belum mengetahui apa itu RPL, RPL adalah upaya dari perguruan tinggi untuk menghargai pengalaman dan hasil pembelajaran lampau yang diperoleh peserta yang nantinya akan diakui dalam mata kuliah yang sesuai. RPL ini sekaligus merupakan upaya mengakui kompetensi hasil belajar, pembelajaran informal dan pengalaman kerja ke capaian hasil pembelajaran formal yang berlaku bagi mahasiswa S1 dan S2.

Baca: Agar CV Dilirik HRD, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Fresh Graduate

Hal ini disampaikan Ketua Kantor Layanan Admisi UNY Dr. Setya Raharja. Menurutnya ada 55 program studi S1 yang memenuhi syarat untuk program RPL, dan untuk S2 ada 30 program studi yang masing-masing berkuota 30 orang untuk S1 dan 20 orang untuk S2. “Kuota RPL total ada 2.250 orang yang terdiri dari 1.650 orang S1 dan 600 orang S2,” katanya, dikutip dari laman resmi UNY, Kamis (5/5/2022).

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana menyatakan bahwa UNY sangat antusias dengan program RPL ini. “Untuk program doktor secara regulasi belum dapat dibuka” kata Margana. Sedangkan untuk jenjang sarjana terapan sebenarnya juga sudah bisa dilaksanakan, namun karena ada persyaratan harus sudah meluluskan dan terakreditasi baik sekali maka pada 2022 ini UNY belum bisa membuka program ini.

Hal ini karena sarjana terapan di UNY masih prodi baru. Program ini merupakan class program yang difasilitasi kementerian untuk mengimplementasikan pendidikan sepanjang hayat dan UUD 1945 pasal 31. Margana menginformasikan, pada tahun ini UNY berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Bojonegoro untuk merekognisi pengalaman yang dimiliki para perangkat desa dan penggerak desa untuk di-RPL-kan dengan mengacu pada penjaminan mutu yang ada pada prodi yang ditawarkan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Jurusan yang Jadi Langganan Saat Tes CPNS

Pengalaman kerja yang diakui untuk RPL juga merujuk pada Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Kegiatan RPL di UNY merupakan aktivitas legal karena bersandar pada Permendikbudristek No. 41 tahun 2021 tentang RPL yang merupakan perbaikan dari Permendikbud No. 26 tahun 2016.

Kriteria peserta program RPL adalah lulusan SMA/SMK/MA yang belum pernah kuliah namun memiliki pengalaman kerja 5 tahun untuk melanjutkan pada program sarjana, demikian pula lulusan yang sama namun sempat putus kuliah bisa mengikuti program ini.

Untuk lulusan D1, D2 dan D3 yang memiliki pengalaman kerja 2 tahun dapat melanjutkan program sarjana. Sedangkan lulusan sarjana dengan pengalaman kerja 2 tahun atau pernah mengikuti kuliah magister dapat melanjutkan S2, demikian pula lulusan magister yang berpengalaman kerja 2 tahun. SPP yang dibayarkan sesuai dengan UKT yaitu Rp5.400.000/semester untuk jenjang S1 dan Rp7.500.000/semester untuk jenjang S2.

Ditambah dengan UPPA sebesar Rp1.500.000 yang cukup dibayar satu kali selama kuliah. Jadwal pendaftaran program RPL ini yaitu pendaftaran, unggah portofolio dan evaluasi diri pada 13 Mei – 13 Juni, wawancara 15 – 27 Juni, pengumuman 2 Juli dan registrasi 4-11 Juli. Ketentuan lengkap tentang program RPL ini dapat dilihat di laman pmb.uny.ac.id.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)