Kuliah S1 Gratis di Jepang, Segera Daftar Beasiswa MEXT Gakubu 2023

Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:36 WIB
loading...
Kuliah S1 Gratis di Jepang, Segera Daftar Beasiswa MEXT Gakubu 2023
Beasiswa MEXT Gakubu 2023 untuk kuliah S1 gratis di Jepang. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang (MEXT) kembali menawarkan Beasiswa Undergraduate Student (Gakubu) 2023. Program ini memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat untuk melanjutkan kuliah S1 di Jepang .

Masa studi program beasiswa ini berdurasi lima tahun, di mana satu tahun menempuh sekolah persiapan dan empat tahunnya lagi merupakan masa studi S1. Khusus jurusan Kedokteran, masa studi menjadi enam tahun.

Untuk siswa jurusan IPA maupun IPS, terdapat dua kategori bidang studi yang bisa dipilih. Pertama, IPS-A yang meliputi Law, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese Language, dan sebagainya. Sedangkan, IPS-B mencakup bidang studi Economics dan Business Administration.

Adapun pilihan bidang studi yang hanya dikhususkan bagi siswa IPA terbilang lebih beragam, di mana terdapat tiga kategori opsi. Pertama, IPA-A mencakup rumpun ilmu Science, Electric and Electronic Studies, Mechanical Studies, Civil Engineering and Architecture, Chemical Studies, dan sebagainya.

Baca: Beasiswa Santri Berprestasi Sediakan Kuota bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Kategori IPA-B meliputi bidang studi Agricultural Studies, Hygienic Studies, dan Biology. Terakhir, kategori IPA-C mencakup studi Medicine dan Dentistry. Dari sekian banyak rumpun ilmu yang tersedia, pelamar hanya dapat memilih minimal satu dan maksimal tiga bidang studi.

Bagi kalian yang ingin mendaftar beasiswa MEXT Gakubu 2023, berikut ini informasi lengkapnya seperti dikutip dari laman id.emb-japan.go.jp:

Cakupan beasiswa

1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)

2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ÂĄ117.000/bulan

3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang

4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar

5. Tanpa ikatan dinas

Baca juga: Beasiswa Indonesia Maju Diluncurkan, Dukung Peserta Didik Berprestasi Lanjutkan Pendidikan

Persyaratan

1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat

2. Usia maksimal 24 tahun pada 1 April 2023 (pelamar yang lahir minimal 2 April 1998)

3. Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 84 untuk masing-masing mata pelajaran Matematika Wajib, Bahasa Inggris Wajib, dan Kimia (bidang studi IPA) atau Matematika Wajib dan Bahasa Inggris Wajib (bidang studi IPS)

4. Pelamar yang memilih bidang studi kategori IPA, tidak bisa mendaftar apabila salah satu nilai pengetahuan mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT

5. Pelamar yang memilih bidang studi kategori IPS apabila salah satu nilai mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan salah satu sertifikat berikut: Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3; J-Test minimal level D-E (500 poin); NAT-Test minimal level 3; EJU minimal 240 poin untuk tes Bahasa Jepang;

6. Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan

Dokumen yang dibutuhkan

1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online

2. Formulir Aplikasi 2023, bisa diunduh di https://www.studyinjapan.go.jp/en/_mt/2022/04/2023_Application_Undergraduate.pdf

3. Pasfoto ukuran 3,5 x 4,5 cm atau 3 x 4 cm dengan latar berwarna biru/merah/putih

4. Transkrip nilai di jenjang SMA/SMK dan sederajat

5. Ijazah/Surat Keterangan lulus di jenjang SMA/SMK dan sederajat

6. Surat Rekomendasi dari guru atau kepala sekolah di jenjang SMA/SMK dan sederajat

7. Surat Akreditasi Sekolah

8. Sertifikat kemampuan bahasa asing

9. Lembar hasil nilai JLPT/EJU/ J-Test/Nat-Test

10. Penghargaan Kompetisi dan pengalaman yang berkaitan dengan Jepang (opsional)

Prosedur pendaftaran

1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.

2. Pelamar melakukan registrasi online di laman https://daftar.beasiswamext.com/

3. Setelah registrasi online, pelamar akan menerima e-mail konfirmasi. Cetak e-mail tersebut dan simpan/ingat “Nomor Ujian” yang diterima. Apabila dalam lima menit tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak all inbox atau spam pada e-mail. Apabila tidak ada pada inbox maupun kotak spam, hubungi beasiswa@dj.mofa.go.jp

4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas) Tulis kode “Gakubu 2023_[nomor ujian]” pada kanan atas amplop. (Landscape)

5. Berkas dikirim ke Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang, Jalan MH Thamrin Nomor 24, Jakarta 10350

6. Saat mengirim berkas, gunakan jasa pengiriman selain ojek online. Kami tidak akan melakukan konfirmasi penerimaan berkas

7. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 19 Mei 2022 pukul 23.59 WIB. Berkas tetap dapat diterima di luar jam kerja Kedutaan Besar Jepang (termasuk Sabtu dan Minggu). Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses.

Jadwal seleksi

Pendaftaran: 4-19 Mei 2022

Pengumuman hasil seleksi dokumen: 27 Juni 2022

Ujian tulis: Pertengahan Juli 2022

Pengumuman hasil ujian tulis: Akhir Juli 2022

Ujian wawancara: Awal Agustus 2022

Pengumuman hasil ujian wawancara: Awal Agustus 2022

Pengumuman final dari MEXT: Januari 2023

Berangkat ke Jepang: Awal April 2023

Perlu diingat, jadwal ini bisa berubah sewaktu-waktu. Silakan cek situs resmi id.emb-japan.go.jp secara berkala. Jika kondisi covid-19 di Indonesia semakin memburuk, ada kemungkinan proses penyeleksian dibatalkan.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)