Demi Lulus UTBK, Peserta di UPN Veteran Jakarta Rela Belajar Semalam Suntuk

Selasa, 17 Mei 2022 - 19:26 WIB
loading...
Demi Lulus UTBK, Peserta di UPN Veteran Jakarta Rela Belajar Semalam Suntuk
Suasana UTBK 2022 di UPN Veteran Jakarta. Foto/MPI/Ari Sandita Murti.
A A A
JAKARTA - Berbagai cara dilakukan oleh peserta UTBK SBMPTN 2022 agar bisa lulus ujian dan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkannya. Tak terkecuali peserta yang ikut ujian di UPN Veteran Jakarta , yang mana calon mahasiswa baru ini belajar mati-matian hingga larut malam.

Salah satu peserta, Andri mengatakan, dia rela menghabiskan waktunya semalam suntuk selama sebulan lebih untuk belajar hingga larut malam demi bisa lulus ujian dan masuk ke universitas yang diinginkannya. Dia juga neminta pada semua saudaranya untuk mendoakannya agar bisa lulus ujian tersebut.

"Bela-belain sejak puasa belajar sampai larut terus, kadang begadang sampai menjelang subuh agar bisa lulus. Harapannya bisa lulus kalau pun tidak yang penting kita sudah berusaha maksimal ya," ujarnya, saat berbincang di UPN Veteran Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca: UTBK 2022 Hari Pertama di UPN Veteran Jakarta, Diwarnai Peserta yang Tersasar

Menurutnya, soal pada ujian SBMPTN ini terbilang susah-susah gampang lantaran tak sedikit soal yang keluar belum dia pelajari materinya. Alhasil, dia pun menjawab semampunya, dia pun enggan berbuat curang atau menjawab secara asal-asalan mengingat dia sudah berusaha belajar semaksimal mungkin.

"Pamitan sama orang tua juga sewaktu mau ujian sama keluarga semua biar bisa lulus. Selain berusaha kan yang bisa kita lakukan berdoa dan tunggu hasilnya nanti," tuturnya.

Sama halnya dengan Andri, peserta lainnya, Rena juga mengaku menjawab soal ujian semaksimal mungkin agar bisa lulus. Dia enggan menyontek ataupun berbuat curang meski pernah ada temannya di rumah yang menyarankan hal itu.

Baca juga: Hari Pertama UTBK-SBMPTN, 2.636 Peserta Ikuti Ujian di UI

"Tegang banget karena soalnya lumayan susah, tapi kita mau jawab semampu kita saja, usaha kita sendiri. Daripada kita curang, ketahuan lalu dikeluarkan lebih baik kita usaha sendiri, kalau lulus kan Alhamdulillah," katanya.

Dia menambahkan, guna memghadapi UTBK 2022 ini, dia giat belajar semaksimal mungkin hingga larut malam. Bahkan, mengikuti try out dan bimbel agar bisa lulus ujian sebagaimana disarankan ibunya.

"Persiapannya yah selain giat belajar banyak-banyak berdoa agar bisa lulus. Orangtua paling banyak menasihati dan mengingatkan biar rajin belajar dan bacanya," jelasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)