Daftar Beasiswa ke Swedia yang Bisa Jadi Pilihan Studi S2

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:44 WIB
loading...
Daftar Beasiswa ke Swedia yang Bisa Jadi Pilihan Studi S2
Beasiswa ke Swedia untuk kuliah S2. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Destinasi negara yang menjadi tujuan pelajar internasional untuk berkuliah tidak hanya ke benua Amerika atau Asia. Namun juga banyak yang melanglang jauh ke negara Skandinavia seperti Swedia .

Dikutip dari laman resmi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Swedia (PPI Swedia), berikut ini informasi mengenai beasiswa bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah S2 ke sana.

PPI Swedia menampilkan informasi mengenai beasiswa S2 di Swedia yang pendaftarannya dapat dilakukan melalui website University Admissions.

Baca: Buruan Daftar, Djarum Beasiswa Plus akan Ditutup pada 23 Mei 2022

Untuk beasiswa S2 yang pendaftarannya melalui konsorsium Erasmus/EIT, informasi beasiswa bisa dilihat di website masing-masing konsorsium.

1. Swedish Institute Study Scholarships

Beasiswa Swedish Institute merupakan beasiswa dari pemerintah Swedia yang disalurkan melalui lembaga Swedish Institute, lembaga pemerintah Swedia yang bertugas mempromosikan Swedia dan menjalin kerjasama internasional.

2. Beasiswa LPDP

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktor adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program magister atau program doktor di perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri.

Tidak seluruh universitas di Swedia bisa dibiayai melalui beasiswa LPDP. Apabila berminat untuk mendaftar beasiswa LPDP untuk kuliah di Swedia, silahkan cek daftar perguruan tinggi tujuan yang dapat dibiayai oleh beasiswa LPDP.

3. Beasiswa Universitas

Beberapa universitas menyediakan tuition fee waiver atau potongan uang kuliah. Potongan yang diberikan bisa mencakup 100% uang kuliah, atau beberapa persen saja. Beasiswa dari pihak universitas tidak mencakup uang untuk biaya hidup.

Baca juga: Djarum Foundation Tawarkan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi, Ini Syaratnya

Ada 2 jenis beasiswa, didapatkan sebelum berangkat dan dapat mendaftar di tahun pertama untuk biaya kuliah tahun kedua. Berikut daftar perguruan tinggi tujuan.

- Blekinge Institute of Technology
- Chalmers University of Technology (Avancez Scholarship)
- Chalmers University of Technology (iPOET)
- Dalarna University
- Halmstad University
- Jönköping University
- Karlstad University
- Karolinska Institutet
- Konstfack
- Kristianstad University
- KTH Royal Institute of Technology
- Linköping University
- Linnaeus University
- Luleå University of Technology
- Lund University
- Malmö University
- Mid Sweden University
- Mälardalen University
- SLU – Swedish University of - Agricultural Sciences
- SSE – Stockholm School of Economics
- Stockholm University
- Södertörn University in Stockholm
- University of Borås
- Umeå University
- University of Gothenburg
- University of Gävle
- University of Skövde
- University West
- Uppsala University
- Örebro University

Kemudian, jika ingin ingin mendaftar beasiswa Swedish Institute, apakah terlebih dulu mendaftar beasiswa SISS atau mendaftar kuliah di universityadmission.se?

PPI Swedia menginformasikan, kedua hal ini dilakukan bersamaan. Tentu saja calon mahasiswa tidak dapat diterima beasiswa bila tidak diterima di jurusan yang ingin didaftarkan.

Oleh karena itu, perhatikan tanggal-tanggal penting khususnya batas pengumpulan persyaratan pendaftaran kuliah (key dates and deadlines) dan pendaftaran beasiswa SISS.

Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa terdiri dari bermacam-macam pembiayaan. Pihak pemberi beasiswa tentu saja juga sudah menyesuaikan jumlah uang yang akan diberikan kepada penerima beasiswa dengan standar hidup pelajar di Swedia.

Seperti mempertimbangkan biaya akomodasi, transportasi, tiket berangkat dan kembali, serta belanja kebutuhan sehari-hari. Jadi sejauh ini, jumlah uang tersebut cukup selama mahasiswa tersebut juga pandai mengaturnya.

Demikian informasi mengenai beasiswa Swedia jika ingin mengambil kuliah pascasarjana di negara yang berada di semenanjung Skandinavia ini.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1446 seconds (11.252#12.26)