Gerak Cepat, Kemenag Salurkan Dana BOS Madrasah Langsung ke Pulau Masalembu

Senin, 23 Mei 2022 - 11:30 WIB
loading...
Gerak Cepat, Kemenag Salurkan Dana BOS Madrasah Langsung ke Pulau Masalembu
Kemenag salurkan Dana BOS Madrasah secara langsung ke Pulau Masalembu, Sumenep. Foto/Dok/Humas Pendis
A A A
JAKARTA - Kemandirian madrasah membangun negeri terlihat dengan eksistensi madrasah membangun peradaban di pulau-pulau terluar di Indonesia. Semangat itu memotivasi Kementerian Agama RI melayani masyarakat dengan cara hadir di pulau Masalembu menyalurkan dana BOS Madrasah secara langsung.

Didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madarasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep Muhammad Shadiq, M.Pd, Tim Direktorat KSKK Madrasah bersama Tim Bank Mandiri mengunjungi pulau Masalembu yang merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Sumenep yang berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (22/5/2022).



Kepala Seksi Pendidikan Madarasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep Muhammad Shadiq, M.Pd menuturkan, dari 27 kecamatan di wilayah Kabupaten Sumenep, 9 kecamatan di antaranya merupakan daerah Kepulauan dan 457 lembaga Madrasah mulai jenjang RA sampai MA tersebar di beberapa pulau.

“Khususnya di Kecamatan Masalembu sendiri memiliki 3 pulau yaitu pulau Masakambing, pulau Masalembu, dan pulau Karamian. Sekitar 42 Lembaga Pendidikan Madrasah hadir memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat dalam rangka mencerdaskan anak-anak Bangsa di pulau ini”, tambahnya.

Berbeda dengan daerah-daerah di daratan Sumenep lainnya, kondisi di pulau Masalembu minim fasilitas sarana komunikasi dan sarana infrastruktur yang memadai seperti tidak adanya listrik PLN dan Jaringan Internet.



Bahkan, jadwal moda transportasi Tol Laut yang terbatas hanya dua kali dalam 1 minggu dan selalu berubah setiap waktunya, menambah beban biaya masyakarat untuk melakukan transaksi pencairan dana BOS .

Proses layanan penyaluran dana BOS secara langsung yang terjadi merupakan hal yang baru dan pertama kali di kepulauan (Pulau Masalembu). Ini sangat berdampak positif bagi pihak madrasah di Kepulauan dengan perjalanan laut selama 14 jam ke daratan.

Bahkan waktu tempuh antar pulau di Kecamatan Masalembu saja membutuhkan waktu 6 sampai 8 jam menggunkan kapal nelayan. Sehingga pengambilan kebijakan untuk menghadirkan pihak bank Mandiri ke pulau Masalembu mempermudah pihak madrasah untuk mendapatkan akses-akses yang menjadi syarat untuk pencairan dana BOS ini bisa diselesaikan langsung di Madrasah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)