Kemendikbud Lakukan Penyesuaian Kurikulum untuk Semester Depan

Senin, 22 Juni 2020 - 16:31 WIB
loading...
Kemendikbud Lakukan Penyesuaian Kurikulum untuk Semester Depan
Plt Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad saat menjadi pembicara Webinar Fokus Sindo bertajuk Menyongsong Pendidikan Fase New Normal, Senin (22/6/2020).
A A A
JAKARTA - Menanggapi rekomendasi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ) terkait dengan kurikulum di masa pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ) telah menyiapkan adaptasi untuk semester depan.

Plt Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad menyebut bahwa pihaknya selama tiga bulan terakhir telah memberikan peluang kepada guru dan kepala sekolah untuk menyesuaikan kurikulum. Namun, setelah dievaluasi, ditemukan hanya sekitar 20% sekolah dan guru yang melakukan adaptasi kurikulum.

"Itulah kenapa untuk semester depan ini Kemendikbud melalui pusat kurikulum itu sedang menyiapkan dua hal jadi satu itu adalah penyesuaian kompetensi dasar-kompetensi dasar agar tidak terlalu berat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah," ujar Hamid dalam Webinar Fokus Sindo bertajuk 'Menyongsong Pendidikan Fase New Normal', Senin (22/6/2020).

Hamid mencotohkan, pada SD kelas 3 ada 26 kompetensi dasar dan sekarang sudah diintegrasikan dan dipilih yang paling esensial, nanti akan menjadi sekitar 16 kompetensi dasar. ( ).

Evaluasi lain untuk semester depan yakni dengan penyiapan modul-modul pembelajaran yang nantinya bisa dipakai siswa untuk belajar secara mandiri. Modul-modul ini tidak sama dengan buku pembelajaran siswa, tetapi lebih ringkas dan bisa dipelajari oleh siswa.

"Tentu sebagai bagian dari modul ini kita juga menyiapkan materi-materi video pembelajaran, praktik-praktik baik yang selama ini dilakukan oleh guru guru kita ini yang nanti bisa diakses oleh sekolah-sekolah."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)