Mahasiswa Vokasi UI Juara 2 pada Ajang Pariwisata Indonesia 12

Senin, 23 Mei 2022 - 20:58 WIB
loading...
Mahasiswa Vokasi UI Juara 2 pada Ajang Pariwisata Indonesia 12
Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata, Program Pendidikan Vokasi, UI, meraih Juara 2 untuk kategori Tourism Quiz Competition dalam KPI 12. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Pariwisata, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), meraih Juara 2 untuk kategori Tourism Quiz Competition dalam Kompetisi Pariwisata Indonesia 12 (KPI 12).

Tim UI terdiri dari Uggasena Ariya Saputra, Geoffrey Alexander, dan Rasya Indira Wardhani. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung ini, diikuti oleh 59 perguruan tinggi di Indonesia dan dua perguruan tinggi di Malaysia pada 18-19 Mei 2022 secara hybrid.



Ketua Tim Vokasi UI Uggasena mengatakan, ajang ini merupakan kompetisi pariwisata tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun dengan 17 mata lomba yang diikuti oleh lebih dari 400 peserta.

Pada penyelenggaraan ke-12 tahun ini, di kategori Tourism Quiz Competition, Unggasena dan rekannya bersaing dengan lebih dari 10 tim lain dari berbagai universitas.

“Mencetak prestasi merupakan salah satu target kami pada masa perkuliahan. Melalui kompetisi ini, kami berhasil mengharumkan nama almamater dan memenuhi goal tersebut,” kata Uggasena dalam keterangan pers, Senin (23/5/2022).



Menurut Uggasena, pembelajaran teori maupun praktik yang diperoleh di kelas sangat membantu dalam persiapan mengikuti lomba ini.

“Berbagai tugas maupun materi yang diberikan oleh dosen sangat sesuai dengan komposisi di bidang pariwisata. Banyak mata kuliah yang sangat berkaitan dalam perlombaan tersebut, seperti Bisnis Event, Pengantar Bisnis Perjalanan Wisata, Antropologi dan Sosiologi Pariwisata, dan masih banyak lainnya,” katanya.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D., mengatakan bahwa Vokasi UI selalu mendukung mahasiswa untuk terus berprestasi dalam berbagai bidang.

Implementasi kurikulum yang tidak hanya menekankan pada teori, tetapi juga praktik serta didukung dengan kehadiran praktisi dari industri yang terjun langsung untuk mengajar di kampus, menjadi satu pembekalan keilmuan yang komperehensif bagi mahasiswa.

“Kolaborasi antara kampus dan industri kami lakukan untuk terus memberikan pendidikan vokasional yang maksimal bagi mahasiswa. Pada akhirnya, hasil dari kolaborasi tersebut dapat dibuktikan melalui pencapaian-pencapaian yang didulang oleh mahasiswa melalui berbagai kompetisi,” ujar Padang.

Tim mahasiswa dari prodi Manajemen Bisnis Pariwisata tersebut berharap agar keberhasilan di kompetisi ini dapat menjadi awal untuk terus berprestasi dan menjadi contoh bagi mahasiswa lain. “Kompetisi ini menjadi salah satu wadah bagi kami untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan kami agar menjadi insan pariwisata yang berwawasan luas di tingkat nasional dan internasional,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2727 seconds (0.1#10.140)