8 Kampus Swasta di Surabaya, Referensi bagi Calon Mahasiswa Baru

Kamis, 26 Mei 2022 - 11:13 WIB
loading...
8 Kampus Swasta di Surabaya, Referensi bagi Calon Mahasiswa Baru
Kampus swasta di Surabaya yang bisa menjadi referensi calon mahasiswa baru. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kampus swasta di Indonesiajumlahnya sangat banyak dan tersebar di berbagai pelosok negeri sehingga calon mahasiswa tidak akan kehabisan pilihan. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya pun memiliki banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang bisa menjadi destinasi melanjutkan kuliah.

Surabaya yang kini dipimpin Walikota Eri Cahyadi memiliki sejumlah perguruan tinggi terbaik. Untuk perguruan tinggi negeri (PTN) misalnya ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga ( Unair ), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), ataupun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Namun perguruan tinggi swasta pun bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru untuk melanjutkan studi. Bahkan jumlah PTS saat ini melebihi jumlah PTN yang tersebar di Indonesia. Mutu dan kualitas kampus swasta pun tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi negeri.

Bagi kalian lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Surabaya, berikut ini daftar kampus swasta di Kota Pahlawan yang bisa dipilih, dikutip dari laman resmi Aku Pintar.

Baca: Mau Kuliah di Kampus Keren yang Ada Beasiswanya? Ada di Universitas MNC Tempatnya

1. Universitas Dinamika Surabaya

Dulunya dikenal sebagai Stikom Surabaya, universitas swasta di Surabaya ini berdiri pada tahun 1983. Kala itu Universitas Dinamika Surabaya merupakan sebuah akademi komputer. Salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya ini sekarang menaungi tiga fakultas yaitu Teknologi dan Informatika, Ekonomi dan Bisnis, serta Desain dan Industri Kreatif.

2. Lasalle College Surabaya

Kampus swasta di Surabaya ini mengedepankan kurikulum dan dosen dengan kualitas internasional. Tak heran, Lasalle College memang anggota LCI Education. Ada dua program yang ditawarkan oleh Lasalle College Surabaya, yaitu Fashion Business Diploma dan Fashion Merchandising yang setara dengan Sarjana (D4). Lasalle College juga menawarkan Sertifikat Buyer dan Sertifikat Manajer Retail.

3. Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya

Universitas di Surabaya ini memiliki 34 program studi yang masing-masing terhubung dengan perkembangan kekinian. Prodi-prodi di Universitas Peliata Harapan Surabaya terbagi ke dalam tujuh cluster yaitu Business Integration, Tourism Industry, Social and Education, Building and Physical Environment, Technology Solutions, Health Sciences, dan Creative Industry.

4. Politeknik Ubaya

Politeknik Ubaya merupakan bagian dari salah satu PTS di Surabaya, Universitas Surabaya. Politeknik Ubaya sendiri menawarkan pilihan program-program D3 buat lulusan SMA/sederajat. Apa saja pilihan jurusannya? Di Politeknik Ubaya ada Administrasi Bisnis, Akuntansi, Akuntansi Komputer, Bahasa Inggris Bisnis, Manajemen Pemasaran, Perpajakan, Perpajakan Profesional, Professional Selling, dan Sekretaris.

Baca juga: Ini Pesan Rektor Ubhara Jaya untuk 555 Wisudawan

5. Universitas Surabaya

Salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya ini berdiri pada 1968. Seiring dengan bertambahnya usia, Universitas Surabaya kini telah memiliki begitu banyak program studi. Beberapa di antaranya yaitu Farmasi, Akuntansi, Manajemen Jejaring Bisnis, Manajemen Pemasaran, Psikologi, Industrial Robotics Design, Information Technology, Teknik Industri, dan masih banyak lagi.

6. Universitas Narotama

Berdiri pada 1981, Universitas Narotama sekarang telah berkembang menjadi universitas berbasis teknologi informasi. Universitas swasta di Surabaya ini punya jurusan-jurusan favorit seperti Akuntansi, Manajemen, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Teknik Informatika, Ilmu Hukum, Teknik Sipil, dan PG PAUD.

7. ITATS

Kampus swasta di Surabaya ini adalah salah satu kampus teknik terbaik di Jawa Timur. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya saat ini memiliki Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, Desain Produk, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Perkapalan.

8. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya pada awalnya berdiri dengan satu fakultas, yaitu Ilmu Agama Jurusan Da'wah. Sejak 1964, satu dari sekian universitas swasta terbaik di Surabaya ini sekarang telah berkembang dan memiliki delapan fakultas, yaitu Agama Islam, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Kesehatan, Hukum, dan Psikologi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)