10 Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPS

Jum'at, 27 Mei 2022 - 07:57 WIB
loading...
10 Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPS
10 pilihan jurusan kuliah yang tepat untuk anak IPS. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa baru urusan mengenai pemilihan jurusan tidak kalah membingungkan dari sekedar mana kampus yang cocok untuk melanjutkan kuliah. Memilih jurusan pun tidak boleh salah pilih sebab jika ternyata tidak cocok maka kuliah pun terancam berantakan.

Sebagian calon mahasiswa memang tak tahu sama sekali apa saja ragam pilihan jurusan kuliah yang ada. Sebagian lagi sudah memiliki beberapa pilihan jurusan kuliah, namun sedang bingung menentukan jurusan apa yang diambil. Dan, ada pula yang galau ketika harus menentukan antara jurusan kuliah pilihan orang tua atau pilihan diri sendiri.

Namun sebaiknya untuk memilih jurusan kuliah yang tepat hal yang perlu dilihat terlebih dulu adalah pahami minat dan bakat yang dimiliki. Hal ini akan memudahkan untuk memilih beragam jurusan yang ada.

Kemudian lakukanlah riset jurusan kuliah yang akan dipilih. Pelajari, bandingkan, dan sandingkan jurusan yang ada sebelum menjatuhkan pilihan jurusan. Konsultasi dengan orang berpengalaman juga bisa menjadi cara menentukan jurusan kuliah.

Baca: Unesa Terpilih Jadi Tempat Kuliah Lulusan Sekolah Indonesia-Arab Saudi

Bagi anak IPS yang masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah, berikut ini ada 10 pilihan jurusan kuliah social humaniora (soshum) yang bisa menjadi referensi kalian untuk menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi yang dikutip dari laman Ruangguru.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini sering terdengar di kalangan anak IPS. Tidak heran, jurusan Ilmu Komunikasi jadi salah satu jurusan paling diminati di SBMPTN 2021 dengan jumlah peminat lebih dari 3.000 calon mahasiswa. Biasanya disingkat Ilkom atau Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations.

Misalnya, di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, kalian akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Komunikasi Massa dan Media
2. Statistika Sosial
3. Kajian Media Kritis
4. Public Speaking
5. Psikologi Komunikasi
6. Komunikasi Pemasaran Sosial
7. Social Network Analysis, dll.

2. Jurusan Manajemen

Ternyata, jurusan manajemen itu tidak cuma ada di bidang ekonomi saja. Ada beberapa jurusan manajemen yang bisa dikulik lebih dalam lagi: Manajemen Pendidikan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Manajemen Perbankan, dan Manajemen Pariwiasata.

Mata kuliah jurusan manajemen yang akan di pelajari nanti tentunya akan disesuaikan dengan bidang spesialisasi yang diambil. Contohnya, kalau kuliah di jurusan Manajemen Pendidikan, beberapa mata kuliah yang akan didapatkan, antara lain:

1. Manajemen Peserta Didik
2. Psikologi Pendidikan
3. Kebijakan Pendidikan
4. Perencanaan Pendidikan
5. Humas Pendidikan

3. Jurusan Hubungan Internasional

Kalau kalian punya ketertarikan sama isu-isu internasional, maka paling cocok masuk jurusan Hubungan Internasional. Secara, mata kuliahnya akan lebih mendorong kalian untuk lebih dalam lagi terjun belajar mengenai hal-hal tersebut secara objektif. Mata kuliah jurusan Hubungan Internasional apa saja?

Baca juga: UGM Kembali Gelar Wisuda Luring, 1.023 Mahasiswa Berhasil Lulus

Sebagai contoh, jurusan Hubungan Internasional di Universitas Riau memiliki kurikulum akademik dengan mata kuliah:

1. Organisasi Internasional
2. Teori Diplomasi
3. Studi Keamanan Internasional
4. Hukum Humaniter
5. Regionalisme dan Globalisme
6. Komunikasi Internasional
7. Migrasi Global

4. Jurusan Hukum/Ilmu Hukum

Siapa yang nonton drama Korea Law School terus tertarik untuk mengambil jurusan Hukum? Kamu sudah cukup familier dengan jurusan soshum yang satu ini. Belajar apa saja kalau kuliah Hukum? Sebagai contoh, mata kuliah jurusan Ilmu Hukum di Universitas Brawijaya, antara lain:

1. Hukum Negara
2. Hukum Adat
3. Hukum Perburuhan
4. Hukum dan Hak Asasi Manusia
5. Hukum Internasional
6. Hukum Lingkungan
7. Ilmu Perundang-Undangan

Secara lebih detail, ada juga mata kuliah pilihan yang bisa dipilih. Misal, konsentrasi Hukum Keluarga, maka ada beberapa turunan mata kuliah, seperti Hukum Perkawinan, Hukum Waris BW, Hukum Waris Adat, Perbandingan Hukum Perdata, dan Hukum Perdata Kontemporer.

5. Jurusan Psikologi

Jika kalian suka mendengarkan dan menjadi tempat andalan curhat teman-teman kalian maka mungkin cocok untuk mematangkan kemampuan mendengarmu ini di jurusan Psikologi. Soalnya, kamu ada bibit-bibit empati yang ‘biasanya’ anak Psikologi punya.

Namun kalian juga perlu tahu bahwa di jurusan Psikologi ini di universitas tertentu, seperti Universitas Padjajaran, masuk ke dalam rumpun saintek. Mata kuliah di jurusan Psikologi berkaitan erat dengan pola perilaku atau kebiasaan manusia yang berpengaruh terhadap kesehatan mental orang itu sendiri. Contohnya antara lain:

Baca juga: Mengenal 5 Kampus Hukum Terbaik di Dunia, Nomor 4 Eks Kampus Hillary Clinton

1. Psikologi Klinis
2. Psikologi Kepribadian
3. Psikologi Perkembangan Anak
4. Psikologi Budaya
5. Coaching dan Mentoring
6. Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja
7. Psikologi Konsumen

6. Jurusan Akuntansi

Segala bentuk transaksi keuangan, debet kredit, laba, rugi, akan dipelajari di jurusan soshum ini. Termasuk ke dalam jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak diincar juga. Di jurusan Akuntansi juga mempelajari tentang ranah ekonomi lainnya, seperti bisnis dan juga perpajakan.

Seperti apa mata kuliah jurusan Akuntansi? Sebagai gambarannya, di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, kamu akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Matematika Ekonomi & Bisnis
2. Bank dan Lembaga Keuangan Lain
3. Akuntansi Biaya
4. Akuntansi Pemerintah
5. Manajemen Keuangan Internasional
6. Komunikasi Bisnis
7. Pemeriksaan Akuntansi Publik

7. Jurusan Kriminologi

Sudah pernah dengar jurusan Kriminologi? Kalau kalian mengikuti serial atau menonton film bertemakan misteri pembunuhan, yang biasanya menayangkan scene pemeriksaan TKP (tempat kejadian perkara) ini masuk ke ranah jurusan Kriminologi. Contoh mata kuliah jurusan Kriminologi yang kalian akan pelajari, yaitu Sosiologi Perilaku Menyimpang dan Sistem Peradilan Pidana, Viktimologi, hingga Analisa Resiko Kejahatan.

8. Jurusan Sosiologi

Jurusan sosiologi sudah tentu familier di kalangan anak IPS karena jurusan ini juga dipelajari di sekolah. Ketika di bangku kuliah nanti, pembahasan materi dan lingkup pengetahuannya akan lebih dalam. Seperti di jurusan Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, akan mempelajari beberapa mata kuliah sebagai berikut:

1. Sosiologi Gender
2. Sosiologi Fashion
3. Sosiologi Kesehatan
4. Sosiologi Pasar dan Konsumsi
5. Studi Urban dan Regional
6. Analisis Kriminalitas dan Korupsi
7. Teori Sosiologi Kritis dan Posmodern

9. Jurusan Ilmu Politik

Buat yang senang mengikuti berita politik bisa lebih dalam lagi mempelajarinya di jurusan ini. Secara garis besar yang akan dipelajari adalah mengenai dinamika dunia politik baik di dalam dan luar negeri. Beberapa ilmu yang akan dipelajari bisa kita ambil contoh dari Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman.

1. Pemikiran Politik Indonesia
2. Pengantar Studi Demokrasi
3. Teori Gerakan Sosial
4. Kebijakan Publik
5. Militer dan Politik di Negara Berkembang

10. Jurusan Ilmu Administasi (Negara, Fiskal, Bisnis)

Kalau mau melanjutkan studi ke jurusan Ilmu Administrasi, perhatikan dengan baik perbedaan dari bidang spesialisasinya. Pasalnya, jurusan Ilmu Administrasi tidak hanya satu aja. Sebagai contoh, di Fakultas Ilmu Administrasi UI, ada tiga jurusan yang tersedia, yaitu Ilmu Administrasi Negara, Fiskal, dan Bisnis. Contoh lainnya, di Universitas Brawijaya, ada dua jurusan Ilmu Administasi yang tersedia, yaitu Bisnis/Niaga dan Negara/Publik.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)