Melalui Turnamen Golf, Universitas Indonesia Galang Dana Abadi

Selasa, 31 Mei 2022 - 19:12 WIB
loading...
Melalui Turnamen Golf, Universitas Indonesia Galang Dana Abadi
Turnamen Golf Dies Natalis UI. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Endowment Fund atau Dana Abadi merupakan salah satu penanda majunya perguruan tinggi di dunia. Untuk meningkatkan penggalangan Dana Abadi di Universitas Indonesia ( UI ), berbagai kegiatan dilaksanakan, termasuk Turnamen Golf Dies Natalis UI.

“Turnamen golf dipilih karena merupakan olahraga yang cukup populer dan merupakan media untuk bersilaturahmi. Melihat antusiasme yang sangat baik dari penggemar olahraga golf di UI, turnamen golf kembali diadakan setelah sebelumnya digelar pada 2021,” kata Direktur Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) Ir. Ahmad Syafiq, melalui siaran pers, Selasa (31/5/2022).

“ Golf juga merupakan olahraga di ruang terbuka sehingga memiliki tingkat risiko penularan paling rendah ketika diadakan pada masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, olahraga ini tepat sebagai media penggalangan Dana Abadi UI karena berlangsung secara aman,” lanjutnya.

Baca: Calon Mahasiswa, Ini Tips Sukses Mendapatkan LoA untuk Beasiswa

Menurut Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro ada satu kata kunci yang bisa diambil dari situasi sekarang (pandemi Covid-19), yaitu adaptasi. “Perguruan tinggi harus siap beradaptasi, karena lingkungan luar berubah cepat. Filosofi ini tidak terlalu jauh dari permainan golf,” ujarnya.

“Ada kata-kata yang menarik dari film “The Legend of Bagger Vance”—film tentang turnamen golf di Savannah, Georgia—bahwa permainan golf adalah sesuatu yang dimainkan, bukan dimenangkan. Saya rasa ini sesuai dengan perguruan tinggi. Banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia, namun persaingan bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah perguruan tinggi mampu memperbaiki diri dengan konsep continues improvement,” kata Prof. Ari.

Pernyataan itu disampaikan Prof. Ari dalam Turnamen Golf Dies Natalis Ke-72 UI yang diadakan di Pondok Indah Golf Course, pada Sabtu (28/5/202). Kegiatan yang bertujuan untuk menggalang endowment fund tersebut diinisiasi oleh DPKHA UI sebagai kegiatan rutin tahunan.

Hadir dalam acara tersebut, Prof. Ir. Nizam, Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi; Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI (2014–2019), Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Badrul Munir, Direktur Kerja Sama UI, Dr. Toto Pranoto, dan beberapa dekan fakultas.

Dana Abadi yang terkumpul dari Turnamen Golf Dies Natalis Ke-72 UI ini sejumlah Rp600 juta dengan Paragon, Bank Mandiri, dan Moratel sebagai penyumbang dana tertinggi. Dana ini dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran di UI, termasuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan dana pendidikan.

Baca juga: Ini 5 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Diponegoro, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Dana tersebut juga digunakan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Dana Abadi diharapkan dapat menunjang keberhasilan UI di bidang riset dan inovasi, sehingga menghasilkan lulusan berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3295 seconds (0.1#10.140)