Mengenal BPIP, Sejarah Pembentukan hingga Struktur Organisasinya

Rabu, 01 Juni 2022 - 17:04 WIB
loading...
Mengenal BPIP, Sejarah...
Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi. Foto/Tangkap layar laman BPIP.
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Bersamaan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila berikut serba-serbi mengenai BPIP.

Setiap 1 Juni bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Dimana pada tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan oleh BPIP selaku Panitia Pelaksana Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 pada tanggal 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila Ende.

BPIP sendiri merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP). Saat ini BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BPIP saat ini dipimpin olehProf. Drs. KH. Yudian Wahyudi.

Apa saja tugas, visi dan misi, sejarah hingga struktur organisasinya? Dikutip dari laman resmi BPIP, berikut ini informasi yang perlu kalian ketahui.

Baca: 7 Jurusan Kuliah Paling Diminati di Unair, Nomor 7 Cuma Tampung 45 Mahasiswa

Tugas BPIP

BPIP bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila.
Selain itu, BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

BPIP juga melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Visi
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)