Mengenal Jurusan Bahasa Korea dan Peluang Kariernya

Rabu, 01 Juni 2022 - 21:58 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Bahasa Korea dan Peluang Kariernya
Jurusan Sastra Korea sedang naik daun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Namun, jika Anda suka Hallyu, banyak hal tentang Korea dan ingin mempelajari bahasa Korea di perkuliahan, jurusan bahasa Korea atau Sastra Korea bisa jadi pilihan.

Seorang alumni Universitas Gadjah Mada (UGM)yang juga tutor di Cetta Korean Kurnia Lathifah atau akrab disapa Kureu Ssaem membagikan pengalamannya sebagai mahasiswi di Jurusan Sastra Korea . Kurnia Lathifah merupakan lulusan dari D3 Vokasi Universitas Gadjah Mada Jurusan Bahasa Korea.



Kureu Ssaem mengatakan, UGM memiliki dua jenis pembagian untuk jurusan Bahasa Korea, yaitu program S1 bernama Bahasa dan Kebudayaan Korea (Fakultas Ilmu Budaya) dan program D3 Sekolah Vokasi bernama Bahasa Korea.

Dia pun mengungkapkan alasannya memilih jurusan itu berawal dari kegemarannya menonton drama Korea alias drakor dan tertarik dengan bahasa Korea.

“Karena saya suka dengan jurusan tersebut dan waktu itu saya berpikir karena jurusan Bahasa Korea di universitas hanya ada di beberapa, UI, UGM, UPI, Undip, dan Unas. Jadi nanti waktu kita sudah keluar untuk prospek kerjanya bisa lebih banyak misal untuk ke perusahaan, jadi guru, atau yang lainnya,” kata Kureu Ssaem, Rabu (1/6/2022).



Kureu Ssaem menceritakan, hal asik selama kuliah di Jurusan Sastra Korea berawal dari rasa suka yang tertanam dalam keseharian. “Aku suka banget nonton drama Korea dan gara-gara belajar bahasa Korea, saya jadi bisa nonton drakor tanpa subtitle,” katanya.

Kureu Ssaem melanjutkan, kegiatan yang ia lakoni selama berkuliah pun beragam, yaitu aktif di himpunan (BEM) UGM pusat, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan volunteer.

“Aku ikutan UKM namanya Sandalsimpul atau Sasim, itu tuh kek wadah untuk mahasiswa bermain alat musik Korea dan Indonesia (gabungan) dan Buchaechum (tari kipas Korea)," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)