Ahmad Tholabi Resmi Jadi Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Jakarta

Sabtu, 04 Juni 2022 - 11:15 WIB
loading...
A A A
Kiprah Tholabi di bidang keilmuwan hukum telah berlangsung sejak 19 tahun silam. Puluhan karya ilmiah akademik, baik buku ilmiah maupun artikel ilmiah yang dihasilkan dari penelitian telah terbit di sejumlah berkala ilmiah terakreditasi nasional maupun internasional bereputasi.

Ia juga didapuk sebagai reviewer di sejumlah jurnal terakreditasi nasional dan internasional bereputasi, reviewer penelitian Kementerian Agama RI, asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan lain-lain.

Alumnus Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Darussalam Ciamis ini merupakan lulusan dengan predikat cumlaude di S-2 maupun S-3. Sejumlah beasiswa prestasi diraih saat menyelesaikan studinya seperti dari The Habibie Center (THC), Yayasan Sumber Daya Manusia IPTEK, Kementerian Agama, Supersemar, dan lain-lain.

Kiprah di luar dunia akademik, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini berkiprah di sejumlah organisasi keagamaan maupun profesi seperti Pengurus PBNU periode 2021-2026, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP), Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar HTN-HAN (APHTN-HAN), Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LTPQ) Provinsi Banten, Dewan Pembina MPN Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah se Indonesia (HISSI), serta Dewan Pakar ICMI Kota Tangerang Selatan.

Ketua Forum Dekan Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia ini juga aktif menuangkan gagasan berupa opini dan artikel di bidang hukum melalui media media cetak maupun online nasional. Ia juga kerap diminta pandangan mengenai persoalan hukum Islam dan hukum tata negara oleh media massa, baik cetak maupun elektronik.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)