4 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penyayang Binatang, Apa Saja?

Selasa, 07 Juni 2022 - 12:25 WIB
loading...
4 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penyayang Binatang, Apa Saja?
Jurusan dokter hewan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA, para siswa tentunya akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi. Sebagian besar dari mereka memilih perguruan tinggi berdasarkan minat dan kesenangan yang dimiliki.



Apakah ada jurusan yang cocok untuk mereka yang menyenangi hewan? Berikut sejumlah jurusan kuliah bagi si penyayang binatang.

1. Kedokteran Hewan

Berkuliah di fakultas kedokteran hewan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan oleh para pecinta binatang saat meneruskan studi di perguruan tinggi. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari pencegahan penyakit dan pengobatan untuk hewan ternak dan hewan kesayangan, seperti anjing dan kucing dan hewan lainnya.

Universitas di Indonesia yang memiliki fakultas ini adalah IPB, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, UGM, Universitas Airlangga, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Hasanuddin. Para lulusan kedokteran hewan bisa berkarier di banyak sektor.



Contohnya, membuka klinik hewannya sendiri, bekerja di rumah sakit hewan, balai karantina hewan, bahkan kebun binatang. Selain itu, lulusan kedokteran hewan juga bisa menjadi dosen dan berkarier di bidang penelitian.

2. Ilmu Peternakan

Jurusan ilmu peternakan juga bisa ditempuh bagi para penyayang binatang. Memiliki sedikit kemiripan dengan jurusan kedokteran hewan, mahasiswa di jurusan ilmu peternakan juga belajar terkait penyakit-penyakit yang biasa diderita hewan ternak dan cara pencegahannya. Selain itu, akan diberikan pula pelajaran mengenai nutrisi dalam pakan ternak hingga proses pembuatan susu di pabrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)