10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Rabu, 08 Juni 2022 - 00:01 WIB
loading...
10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia
Mahasiswa jurusan kedokteran. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada banyak universitas baik negeri maupun swasta yang memiliki fakultas dan jurusan kedokteran dan kesehatan terbaik di Indonesia.

Jurusan kedokteran umumnya jadi incaran calon mahasiswa baru dari tahun ke tahun. Bahkan, jurusan kedokteran di berbagai universitas terbaik di Indonesia kerap jadi salah satu prodi dengan keketatan tertinggi.

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Selain persaingan masuk yang cukup ketat, untuk menjadi seorang dokter profesional juga bukan perkara mudah karena harus melalui pendidikan yang tidak sebentar. bahkan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar 10 universitas dengan fakultas dan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)
10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas yang diminati banyak calon mahasiswa. UI memiliki kampus di Depok dan di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Di universitas negeri ini terdapat jurusan kedokteran yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Mata Kuliah yang akan dipelajari pada program studi ini di antaranya Empati Bio Etik Profesionalisme dan Human, Tumbuh Kembang, Kulit dan Jaringan Penunjang, dan Reproduksi.

Universitas Indonesia menempati universitas terbaik di dunia dengan rangking ke 801–1.000 versi The Times Higher Education.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Universitas negeri yang berada di kota Yogyakarta ini memiliki prgram studi kedokteran. Prodi kedokteran di UGM menjadi salah satu prodi populer yang berada dalam rumpun ilmu saintek, dan telah mendapatkan akreditasi A oleh oleh BAN-PT.

Beberapa mata kuliah yang ada di prodi kedokteran di UGM ialah Prinsip Biomedik, Sistem Pernafasan, Sistem Saluran Kemih, Kedokteran Komunitas.

Universitas Gadjah Mada menempati posisi ke lebih dari 1.201 sebagai universitas terbaik di dunia versi The Times Higher Education.

3. Universitas Airlangga (Unair)
10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Program studi kedokteran di Universitas Airlangga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Bahkan di tiga jenjang kuliah, yakni S1, S2, dan S3 prodi Kedokteran ini terakreditasi A oleh BAN-PT.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di Prodi Kedokteran Unair di antaranya Biologi Molekuler, Imunologi Dasar, Dasar Pertolongan Darurat, dan Otopsi Klinik.

Universitas Airlangga menempati posisi ke lebih dari 1.201 sebagai universitas terbaik di dunia versi The Times Higher Education.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Meneruskan studi pendidikan dokter di Semarang adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Fakultas Kedokteran UNDIP sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT pada tahun 2017.

Mahasiswa yang sedang menempuh jurusan pendidikan dokter di UNDIP tidak hanya mendapatkan bekal teori saja, tetapi juga kesempatan untuk praktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus.

Persipakan diri dengan baik karena kuota mahasiswa jurusan kedokteran UNDIP juga tidak terlalu banyak, sehingga persaingan akan semakin ketat.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kampus yang terkenal di Kota Solo ini memiliki jurusan kedokteran yang alumninya sudah sukses dan tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin menjadi dokter profesional, kamu bisa langsung mendaftar jurusan tersebut di Fakultas Kedokteran UNS.

Tenang saja, fakultas kedokteran di UNS sudah mendapatkan akreditasi A. Di fakultas tersebut juga terdapat jurusan psikologi saintek sebagai bahan pertimbangan apabila kamu tertarik menjadi seorang psikolog.

6. Universitas Brawijaya

Jurusan kedokteran di Kota Malang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar di Universitas Brawijaya. Kampus ini pernah menduduki peringkat paling atas pada kategori pendaftar terbanyak pada saat seleksi SBMPTN tahun 2019.

Bisa kamu bayangkan bagaimana ketatnya persaingan untuk bisa lolos jurusan kedokteran di kampus tersebut, apalagi Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya sudah mendapatkan akreditasi A.

7. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Apabila kamu ingin meneruskan studi di jurusan kedokteran yang ada di Makassar, Universitas Hasanuddin adalah pilihan paling tepat. Kampus ini sudah menyandang predikat A pada jurusan kedokterannya.

Oleh karena itu, persaingan untuk bisa diterima sebagai salah satu mahasiswa jurusan kedokteran Unhas pun cukup ketat. Selain itu, jurusan kedokteran di Unhas juga merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diminati ketika SBMPTN 2019.

8. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Kampus-kampus di Bandung memang cukup banyak peminat, tidak terkecuali Universitas Padjadjaran. Persaingan untuk bisa diterima di jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A di UNPAD pun terbilang sangat ketat.

Jurusan kedokteran di UNPAD memiliki banyak peminat, mirip seperti jurusan manajemen yang jumlah pendaftarnya mencapai ribuan orang setiap tahun.

9. Universitas Andalas (Unand)

Kota Padang memiliki Universitas Andalas yang menyediakan jurusan kedokteran. Sebagai salah satu jurusan favorit di kampus tersebut, perjuangan masuk ke Universitas Andalas tentu tidak mudah.

Namun, jika kamu sudah diterima sebagai salah satu mahasiswanya, kamu bisa menimba banyak ilmu dari dosen-dosen berkualitas serta mendapatkan peluang jenjang karier yang cerah. Universitas Andalas juga sudah meraih akreditasi A pada tahun 2016.

10. Universitas Jember (Unej)

Kampus di Jawa Timur yang juga menjadi kampus favorit adalah Universitas Jember. Menyandang sebagai PTN terbesar di Jawa Timur, kampus ini menyediakan jurusan kedokteran terakreditas A.

Kamu tidak hanya akan dituntut untuk bisa paham teori saja, tetapi juga menguasai berbagai macam kegiatan praktikum. Lulusan jurusan kedokteran Universitas Jember banyak dicari di instansi kesehatan di Jawa Timur. Jadi, tidak perlu khawatir masalah karier.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3092 seconds (11.252#12.26)