15 Universitas Islam Terbaik Dunia versi UniRank 2021, Indonesia Mendominasi

Jum'at, 10 Juni 2022 - 11:30 WIB
loading...
15 Universitas Islam Terbaik Dunia versi UniRank 2021, Indonesia Mendominasi
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Foto/Dok/UMS
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan dunia 4 International College and Universities (4ICU) UniRank telah mengeluarkan daftar universitas Islam terbaik di dunia 2021 dalam kategori 'Top Islamic University'.

4ICU UniRank merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki. Secara sederhana, dapat dikatakan penilaian yang dilakukan oleh 4ICU menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaiannya.

Baca juga: 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Ada 3 kriteria utama sebuah universitas dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU. Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sementara, universitas yang belum terakreditasi tak masuk dalam kriteria penilaian 4ICU.

Kedua, universitas yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Dengan demikian, lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan lainnya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

Ketiga, universitas yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya (tatap muka).

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Dilansir dari laman resmi uniRank University Ranking, berikut daftar 10 universitas Islam terbaik dunia 2021 versi 4icu UniRank:

1. Cairo University (CU) - Mesir

Cairo University (CU) termasuk universitas terbaik nomor dua di negaranya dan ranking 1045 di dunia. CU menawarkan beberapa program seperti gelar pra sarjana, gelar sarjana, gelar master, gelar dokter di beberapa bidang studi.
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1138 seconds (11.252#12.26)