15 Universitas Islam Terbaik Dunia versi UniRank 2021, Indonesia Mendominasi

Jum'at, 10 Juni 2022 - 11:30 WIB
loading...
15 Universitas Islam Terbaik Dunia versi UniRank 2021, Indonesia Mendominasi
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Foto/Dok/UMS
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan dunia 4 International College and Universities (4ICU) UniRank telah mengeluarkan daftar universitas Islam terbaik di dunia 2021 dalam kategori 'Top Islamic University'.

4ICU UniRank merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki. Secara sederhana, dapat dikatakan penilaian yang dilakukan oleh 4ICU menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaiannya.

Baca juga: 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Ada 3 kriteria utama sebuah universitas dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU. Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sementara, universitas yang belum terakreditasi tak masuk dalam kriteria penilaian 4ICU.

Kedua, universitas yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Dengan demikian, lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan lainnya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

Ketiga, universitas yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya (tatap muka).

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Dilansir dari laman resmi uniRank University Ranking, berikut daftar 10 universitas Islam terbaik dunia 2021 versi 4icu UniRank:

1. Cairo University (CU) - Mesir

Cairo University (CU) termasuk universitas terbaik nomor dua di negaranya dan ranking 1045 di dunia. CU menawarkan beberapa program seperti gelar pra sarjana, gelar sarjana, gelar master, gelar dokter di beberapa bidang studi.

CU telah berusia 112 tahun. Jalur masuknya melalui ujian masuk dan catatan akademik masing-masing pendaftar. Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan yaitu perpustakaan, asrama, fasilitas olahraga, bantuan beasiswa, pertukaran pelajar, kursus online, dan lain sebagainya.

2. Shahid Beheshti University of Medical Sciences (SBMU) - Iran

SBMU menjadi universitas nomor 3 terbaik di Iran dan nomor 1.300 di dunia. SBMU menawarkan kursus dan program gelar sarjana. SBMU telah berusia 60 tahun memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan ujian masuk.

SBMU juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik kepada siswa termasuk perpustakaan, fasilitas olahraga, serta layanan administrasi.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) - Indonesia

UMS adalah universitas terbaik nomor 17 di Indonesia dan nomor 1.321 di dunia. UMS didirikan pada tahun 1981. UMS menawarkan kursus dan program untuk sarjana, magister, doktor di beberapa bidang studi.

Jalur masuk UMS melalui ujian masuk dan nilai akademik pendaftar. Kisaran tingkat penerimaan adalah 30-40% menjadikan organisasi pendidikan tinggi Indonesia ini sebagai institusi yang sangat selektif.

UMS juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa termasuk perpustakaan, perumahan, fasilitas olahraga, bantuan keuangan dan/atau beasiswa, program studi dan pertukaran di luar negeri, kursus online dan kesempatan belajar jarak jauh, serta layanan administrasi.

4. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (IIUM) - Malaysia

Merupakan universitas terbaik nomor 7 di Malaysia dan mendapatkan ranking 1.328 dunia. Universitas ini terletak di ibu kota Malaysia yaitu Kuala Lumpur. IIUM menawarkan gelar sarjana, magister, dan doktor.

IIUM berdiri tahun 1983 dan menawarkan beberapa fasilitas untuk mahasiswanya. Fasilitas itu mencakup perpustakaan, fasilitas olahraga, kesempatan pertukaran pelajar, dan layanan administratif lainnya.

5. Iran University of Science and Technology (IUST) - Iran

Universitas ini terletak di Iran memiliki ranking 6 terbaik di negaranya sedangkan untuk urutan dunia yaitu 1427.

IUST didirikan pada tahun 1929 dan terdapat di kota metropolitan Tehran. Beberapa fasilitas yang ditawarkan universitas ini adalah perpustakaan, fasilitas olahraga, program beasiswa, pertukaran pelajar.

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) - Indonesia

UMM mendapatkan peringkat nomor 19 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan urutan dunia 1.442. UMM didirikan pada tahun 1965.

Kisaran tingkat penerimaan UMM adalah 40-50% yang menjadikan universitas ini sebagai institusi yang cukup selektif. UMM juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa antara lain perpustakaan, perumahan, fasilitas olahraga, bantuan keuangan dan/atau beasiswa, studi di luar negeri dan program pertukaran, kursus online dan kesempatan belajar jarak jauh, serta layanan administrasi.

7. Universitas Islam Indonesia (UII) - Indonesia

UII mendapatkan ranking 20 universitas terbaik di Indonesia dan 1.461 dunia. UII didirikan pada tahun 1945 dan terletak di Sleman.

Kisaran tingkat penerimaannya yaitu 10-20 persen sehingga menjadi universitas yang cukup selektif.

8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) - Indonesia

UMY mendapatkan ranking 23 universitas terbaik di Indonesia dan 1.553 dunia. UMY didirikan pada tahun 1981 dan terletak di Bantul, Yogyakarta.

Kisaran tingkat penerimaannya yaitu 30-40 persen sehingga menjadi universitas yang sangat selektif. UMY juga menyediakan fasilitas seperti perpustakaan, asrama, fasilitas olahraga, bantuan beasiswa, dan lain sebagainya.

9. Umm Al-Qura University (UQU) - Saudi Arabia

UQA mendapatkan peringkat 5 sebagai universitas terbaik di Arab Saudi dan peringkat 1.586 di dunia. UQA terletak di kota Mekah dan juga merupakan universitas yang sangat besar. Terdapat lebih dari 45 ribu mahasiswa di UQU. UQU menawarkan kursus dan program untuk sarjana.

10. University of the Punjab (PU) - Pakistan

Universitas ini terletak di Gujranwala, Pakistan. Universitas ini terbaik nomor satu di negaranya dan peringkat 1.591 di dunia. Kisaran penerimaannya yaitu 10-20 persen sehingga cukup selektif dalam penerimaan.

11. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) - Indonesia

UIN Sunan Ampel atau UINSA adalah salah satu perguruan tinggi Islam di Surabaya yang didirikan pada tahun 1965.

Perguruan tinggi negeri ini memiliki 9 fakultas dan memiliki lebih dari 45 program studi.

12. Université Cadi Ayyad (UCA) - Morocco

Cadi Ayyad University (UCA) adalah universitas muda, yang terus berkembang dan menegaskan posisinya di tingkat nasional dan internasional melalui evolusi jumlah mahasiswanya dengan mendiversifikasi pelatihan atau penelitian penjangkauan nasional dan global.

Cadi Ayyad University memiliki 13 institusi akademik, sembilan di antaranya berlokasi di Marakesh, tiga institusi di Safi, EST di Essaouira, dan Pusat Universitas di Kelaa des Sraghna. Oleh karena itu, mencakup wilayah baru Marrakech-Safi.

13. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid) - Indonesia

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi Jakarta yang didirikan pada tahun 1957. Universitas ini memiliki empat kampus berbeda di lokasi yang juga berbeda. UIN Jakarta memiliki 12 Fakultas dan memiliki lebih dari 55 program studi.

14. Isfahan University of Technology (IUT) - Iran

Universitas Teknologi Isfahan (IUT) adalah salah satu universitas paling bergengsi di Iran. IUT sebagai salah satu universitas terkemuka di Iran, didirikan pada tahun 1974 dan memulai kegiatan akademiknya pada tahun 1977.

IUT merupakan salah satu pionir di antara universitas-universitas Nasional dan telah menempati peringkat teratas Universitas Asia di Peringkat Universitas Internasional.

IUT memiliki 14 fakultas dan departemen dengan sekitar 11000 mahasiswa dan 600 anggota akademik dan menawarkan empat disiplin ilmu teknik, ilmu dasar, pertanian dan sumber daya alam di ketiga tingkat studi BSc, MSc dan PhD. IUT terletak di bagian tengah negara dengan total luas lahan 2.300 hektar. Dari jumlah tersebut, 400 ha area telah didedikasikan untuk kampus utama.

15. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) - Indonesia

UIN Maulana Malik Ibrahim adalah salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Timur yang didirikan pada tahun 2004. Universitas ini memiliki 8 fakultas dan memiliki lebih dari 45 program studi.

Itulah daftar universitas Islam terbaik dunia versi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank. Semoga kalian bisa menjadi bagian dari kampus-kampus tersebut.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3758 seconds (11.252#12.26)