Mahasiswa, Ini 4 Skill yang Dibutuhkan Saat Mengerjakan Skripsi

Minggu, 12 Juni 2022 - 22:19 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini 4 Skill yang Dibutuhkan Saat Mengerjakan Skripsi
Mahasiswa mengerjakan tugas akhir skripsi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengerjakan skripsi atau tugas akhir penelitian memang memerlukan strategi yang baik agar bisa selesai dengan tepat waktu.

Beragam tantangan yang dihadapi bisa bikin banyak mahasiswa sering mengalami demotivasi saat mengerjakannya. Tantangan yang dihadapi ini bisa berasal dari lingkungan maupun dari dalam diri sendiri.



Untuk bisa mengatasi berbagai tantangan yang ada, sebagai mahasiswa perlu punya keterampilan dan mindset yang tepat untuk bisa mengatasinya.

Karena sejatinya, menggarap skripsi tidak hanya soal keterampilan menulis atau menuangkan ide penelitian tapi juga butuh dibekali soft skill yang mumpuni agar tangguh menghadapi rintangan yang muncul.

1. Pengelolaan Diri

Mungkin terdengar seperti klise, tetapi skill pengelolaan atau disiplin diri sangat dibutuhkan saat mengerjakan skripsi.

Pengerjaan skripsi mengharuskan menggarap suatu penelitian atau tugas akhir seorang diri, sehingga progres dan hasil skripsimu sangat bergantung kepada dirimu sendiri.



Kalian perlu ingat bahwa tidak akan ada orang yang mengerjakan skripsimu kecuali dirimu sendiri.

Jika kalian hanya mengandalkan motivasi saja, sulit bagimu untuk bisa berprogres dengan cepat. Hal ini karena motivasi manusia pada dasarnya naik turun.

Memiliki disiplin diri yang baik seperti mengerjakan skripsi setiap hari meski pun dengan sedikit progres akan lebih baik dibandingkan hanya mengerjakan skripsi saat bersemangat saja.

2. Komunikasi

Pengerjaan skripsi sering kali tidak hanya melibatkan dirimu sendiri saja. Kadang kala perlu berurusan dengan banyak orang seperti dosen pembimbing, asisten laboratorium, partisipan penelitian, dan berbagai pihak lainnya.

Kalau kalian tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemungkinan sulit bagimu untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Komunikasi di sini termasuk mengutarakan dengan jelas apa yang kamu pikirkan, menyampaikan gagasan dengan lugas, dan kemampuan membaca situasi.

Hal ini diperlukan agar bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan dan mencapai tujuanmu.

Coba mulai latih komunikasimu dengan banyak interaksi dengan teman-teman dan orang lain.

3. Kemampuan Penyelesaian Masalah

Sering kali kendala yang kita alami juga banyak berasal dari faktor eksternal. Rencanamu gagal karena situasi di lapangan tidak mendukung.

Dosen pembimbingmu tidak setuju kalau menggunakan metode penelitian yang kalian mau.

Kendala-kendala eksternal ini sering kali bikin jadi frustasi dan akhirnya malah demotivasi.

Pepatah mengatakan, banyak jalan menuju Roma.

Mindset ini perlu diterapkan saat kalian mengalami hambatan. Saat cara A tidak berhasil, kalian bisa coba alternatif lain.

Keterampilan penyelesaian masalahmu diuji di saat-saat seperti ini. Yang paling penting, jangan langsung down kalau salah satu caramu tidak berhasil.

4. Resiliensi

Saat mengalami kegagalan, sering kali kita jadi terpuruk berkelanjutan. Akibatnya, progres skripsi jadi mandek karena mood kita lagi buruk.

Hal ini wajar terjadi, tapi terpuruk kelamaan juga ga baik lho.

Dalam menghadapi keadaan sulit seperti ini, kita membutuhkan skill yang disebut dengan resiliensi atau kekuatan untuk bangkit dari keadaan sulit atau terpuruk tadi.

Hal ini sangat diperlukan mengingat akan beragam sekali tantangan yang dihadapi saat mengerjakan skripsi.

Orang yang resilien atau punya resilien diri yang tinggi akan lebih cepat bangkit setelah mengalami kegagalan.

Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan resiliensi yaitu dengan cara mengubah persepsi kita terhadap kegagalan itu sendiri.

Seperti yang dibahas di poin 3 tadi, kalau mengalami kegagalan anggap bahwa itu hanya salah satu jalan yang tidak bekerja.

Masih ada alternatif solusi lainnya yang bisa dicoba untuk mencapai tujuanmu.

Skripsi memang punya dinamikanya sendiri. Tantangan dan hambatan pasti akan muncul dalam perjalanannya. Meski begitu, bisa bekali dirimu juga dengan soft skill di atas supaya mental juga tangguh dalam menghadapi tantangan yang ada.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)