Diikuti 7.038 Peserta, UIN Jakarta Gelar Seleksi UM-PTKIN

Selasa, 14 Juni 2022 - 19:31 WIB
loading...
Diikuti 7.038 Peserta, UIN Jakarta Gelar Seleksi UM-PTKIN
UIN Jakarta hari ini, Selasa (14/6/2022) menggelar UM-PTKIN 2022. Foto/Tangkap layar laman UIN Jakarta.
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ( UIN Jakarta ) memulai hari pertama seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( UM-PTKIN ) 2022 di Gedung NICT, Selasa (14/6/2022). Total peserta yang mengikuti ujian di lokal SSE UIN Jakarta sendiri mencapai 7.038 orang dari total 18.126 orang peminat masuk UIN Jakarta melalui jalur UM-PTKIN.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Jaenuddin dalam laporannya kepada Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi dalam sambungan telekonferensi menuturkan, seleksi UM-PTKIN dimulai secara bersamaan sesuai jadwal yang ditetapkan panitia nasional. Para pengawas lokal sendiri sudah disiagakan di lokasi SSE UIN Jakarta, 30 menit sebelum ujian dilakukan.

“Alhamdulillah, UM-PTKIN sesi pertama sudah dimulai dan berjalan cukup lancar. Mudah-mudahan pada sesi-sesi berikutnya tidak ada kendala berarti yang mengganggu peserta ujian,” katanya, dikutip dari laman UIN Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Baca: Ini 4 Kampus Luar Jawa dengan Fakultas Kedokteran Terbaik, Nomor Terakhir di Sumatera Utara

Jaenuddin menuturkan, pelaksanaan SSE UM-PTKIN di tingkat lokal UIN Jakarta dilaksanakan dalam sembilan sesi ujian. Kesembilan sesi ini disebar menjadi tiga sesi di masing-masing hari ujian.

Setiap sesi ujian diikuti maksimal 800 orang peserta.Ujian secara daring melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) ini akan berlangsung mulai hari ini hingga Kamis 17 Juni 2022 mendatang.

“Secara total, UIN Jakarta menduduki urutan kedua jumlah peminat tingkat nasional. Namun jika dilihat dari pendaftar dengan pilihan pertama (program studi pilihan 1, red.), UIN Jakarta menduduki urutan pertama tingkat nasional,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta, Feni Arifiani mengingatkan peserta ujian untuk mempersiapkan betul keikutsertaan mereka dalam ujian. “Mohon peserta ujian menyiapkan perangkat yang betul-betul mendukung terlaksananya ujian,” ujarnya.

Baca juga: Seleksi Wilayah Kontes Robot Indonesia 2022 Berakhir, ITS Juarai 4 Kategori

Feni juga meminta para peserta memperhatikan hal-hal teknis lain agar tidak menjadi kendala saat ujian. Di antaranya, peserta menggunakan perangkat mandiri seperti smartphone dan netbook berkamera dan ber-microphone, menyediakan koneksi internet memadai, dan melakukan instalasi aplikasi Ujian SSE UM-PTKIN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)