15 Universitas Terbaik dengan Jurusan Akuntansi, Ini Daftarnya

Rabu, 15 Juni 2022 - 11:46 WIB
loading...
15 Universitas Terbaik dengan Jurusan Akuntansi, Ini Daftarnya
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mereka yang memutuskan untuk menempuh kuliah jurusan akuntansi tentu harus memahami apa yang akan mereka pelajari nantinya.

Pada umumnya, mata kuliah akuntansi yang akan didapatkan adalah semua jenis akuntansi keuangan, manajemen, biaya, kemudian analisis serta laporan keuangan dan perpajakan.



Selain itu, akuntansi juga meliputi pengauditan dan juga sistem informasi akuntansi. Tidak kalah penting adalah bidang studi akuntansi sektor publik dan akuntansi pemerintahan.

Memang hampir semua universitas di Indonesia memiliki jurusan akuntansi. Namun, ada beberapa universitas yang selama ini menghasilkan akuntan handal.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jurusan ini memang menjadi jurusan yang pasti mendapatkan peluang kerja cukup besar.



Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa universitas yang memiliki jurusan akuntansi terbaik adalah:

1. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Tentu tidak ada yang dapat membantah bahwa salah satu universitas tertua di Indonesia ini memiliki predikat terbaik untuk jurusan akuntansi. Para alumni universitas di DIY Yogyakarta yang pernah kuliah jurusan akuntansi ini sudah berhasil menjadi direktur keuangan serta level eselon di berbagai perusahaan nasional serta perusahaan multinasional dan BUMN dan tentu di institusi pemerintah.

2. Universitas Airlangga Surabaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu universitas negeri di Surabaya ini masih belum tertandingi sebagai salah satu kampus dengan jurusan akuntansi terbaik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang selalu berlimpah dengan kuota penerimaan yang kurang lebih 12% saja dari jumlah pendaftar.

3. Universitas Padjajaran Bandung

Salah satu universitas negeri di Bandung ini juga sangat terkenal dengan mahasiswa berprestasi yang menempuh kuliah jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi di Unpad juga memiliki banyak bidang studi seperti Akuntansi Syariah dan Perpajakan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, dan Sistem Informasi Akuntansi, serta Auditing.

4. Universitas Indonesia

Ekonom ternama merupakan lulusan dari universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1950 an ini. Sejauh ini, reputasi UI sebagai kampus dengan lulusan dari jurusan akuntansi terbaik tidak dapat diragukan lagi.

5. Universitas Bina Nusantara Jakarta

Universitas Bina Nusantara menjadi salah satu universitas swasta dengan mata kuliah jurusan akuntansi yang terbaik di Indonesia. Tentunya semua orang sudah mengetahui bahwa kampus ini memiliki fasilitas yang sangat memadai bahkan sangat mewah.

Bahkan, saat ini mayoritas mahasiswa memilih untuk menempuh pendidikan di kampus ini karena mereka dapat melakukan pembelajaran jarak jauh.

6. Universitas Brawijaya Malang

Sejauh ini, kota Malang masih mengandalkan Universitas Brawijaya Malang sebagai salah satu penyedia mata kuliah jurusan akuntansi yang terbaik. Kampus ini menjadi salah satu kampus terfavorit bagi mereka yang ingin menempuh kuliah di kota pendidikan ini.

7. Universitas Kristen Petra Surabaya

Jurusan Akuntansi Bisnis di UK Petra dilengkapi dengan kurikulum pendidikan akuntansi modern sehingga mahasiswa dapat mempelajari kompetensi lebih sebagai akuntan selain hanya sebagai bookkeeper atau bahkan scorekeeper.

Ragam prestasi diraih oleh mahasiswa UK Petra untuk kompetisi seperti karya tulis ilmiah, accounting competition tingkat nasional, serta mendapatkan Quality Assurance di tingkat ASEAN.

8. Universitas Trisakti

Mereka yang memutuskan untuk menempuh jenjang S1 jurusan Akuntansi di kampus ini memang tidak salah pilih. Universitas Trisakti menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, dengan jurusan akuntansi yang juga meloloskan jebolan alumni terbaik di bidang ini.

9. Universitas Kristen Indonesia

UKI memang unggul dalam melahirkan mahasiswa yang dapat menuntaskan pengabdian kepada masyarakat secara inovatif dan. Hal ini termasuk di bidang akuntansi. Kuliah jurusan akuntansi di UKI selama ini telah menghasilkan lulusan kompeten dan juga adaptif di berbagai lembaga, terutama di lembaga gerejawi.

10. Universitas Atma Jaya Jakarta

Menarik untuk disimak bahwa universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau online, terutama di masa pandemi. Jurusan akuntansi di Universitas Atma Jaya juga berhasil mengaplikasikan metode pembelajaran terbaiknya di era pandemi.

11. Universitas Diponegoro Semarang

Salah satu universitas negeri di Semarang ini juga merupakan kampus tertua dengan jurusan akuntansi yang tak kalah favorit. Kurikulum juga disesuaikan dengan International Education Standards dari International Accounting Education Standard Board (IAESB).

12. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kuliah jurusan akuntansi di kampus ini termasuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang akuntansi untuk mendukung pembangunan nasional.

13. Universitas Pelita Harapan Jakarta

Dengan fasilitas yang sangat mewah, jurusan akuntansi di kampus ini mengutamakan pengembangan suasana kebebasan akademik yang didukung oleh teknologi informasi tanpa mengabaikan etika yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional.

14. Universitas Widya Mandala Surabaya

Salah satu universitas swasta termahal di Surabaya ini juga sangat unggul untuk jurusan akuntansi. Alumni jurusan ini memegang kendali di berbagai posisi penting di berbagai perusahaan raksasa di seluruh Indonesia.

15. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Terakreditasi A, jurusan akuntansi di USD ini juga mendapatkan tempat terfavorit di kalangan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yogyakarta. Sistem pendidikan yang baik juga mendukung kualitas jurusan ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3846 seconds (0.1#10.140)