Ini 6 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia, Buruan Daftar

Rabu, 15 Juni 2022 - 20:06 WIB
loading...
Ini 6 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia, Buruan Daftar
Sedikitnya ada enam kampus kedokteran terbaik di dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam kampus kedokteran terbaik di dunia. Dalam perkembangannya, jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan paling populer di perguruan tinggi.

Meski kerap disebut memiliki biaya yang mahal serta mata kuliah yang rumit, namun prospek kerja dari jurusan ini cukup bagus dan menjanjikan bagi alumninya.

Baca juga : Ini Rincian Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran di 6 PTN Favorit

Bersumber dari data QS World University Ranking by Subject 2022, berikut beberapa kampus dengan fakultas kedokteran terbaik di dunia :

1. Harvard University

Sebagai salah satu kampus unggulan, Harvard University juga memiliki fakultas kedokteran. Namanya adalah Harvard Medical School. Dikutip dari situs resminya, kampus kedokteran ini didirikan pada tahun 1782 dan menjadi salah satu sekolah kedokteran tertua di Amerika Serikat.

Tiga anggota pertama di fakultas ini adalah Benjamin Waterhouse (Profesor Teori dan Praktik Fisika), John Warren (Profesor Anatomi dan Bedah), serta Aaron Dexter (Profesor Kimia dan Materia Medica/farmakologi).

Berdasarkan data QS World University Ranking tahun 2022, Harvard University berada di posisi pertama dalam subject fakultas kedokteran terbaik. Dalam hal ini, Harvard Medical School berhasil mengalahkan beberapa perguruan tinggi terkemuka lainnya.

Baca juga : Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Mahal, Ini Biaya di 3 PTN Favorit Indonesia

2. University of Oxford

Universitas Oxford menawarkan berbagai program seperti Sarjana, Magister, MBA, hingga PhD. Dari sekian banyak jenjang tersebut, masing-masing memiliki jurusan yang berasal dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda.

Dari sekian banyak jurusan yang dibuka, University of Oxford juga memiliki salah satu kampus kedokteran terbaik di dunia. Dikutip dari situs resminya, Medical Sciences Division Universitas Oxford sering mendapat penghargaan. Salah satunya adalah peringkat pertama jurusan kedokteran (clinical, pre-clinical, and health) tahun 2021 serta peringkat ketiga dalam kategori life sciences.

3. Stanford University

Dalam pemeringkatan QS World University Ranking, Universitas Stanford berada di posisi ketiga dibawah Harvard dan Oxford. Mengklaim sebagai pemimpin revolusi biomedis, Stanford Medicine memiliki tradisi panjang dalam penelitian perintis, protokol pengajaran yang kreatif, serta terapi klinis yang efektif.

Dikutip dari situs resminya, Stanford Medicine memiliki beberapa bagian seperti Stanford School of Medicine, Stanford Health Care, dan Stanford Children’s Health.Selain itu, keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Stanford adalah dampaknya yang cukup besar. Peneliti Stanford diketahui telah meraih berbagai penghargaan seperti Penghargaan Penelitian Transformatif hingga Penghargaan Perintis dari National Institutes of Health Director.

4. University of Cambridge

Perguruan Tinggi terkemuka di Inggris ini memiliki persyaratan yang cukup ketat bagi para pelamarnya. Dari sekian banyak fakultas yang dimiliki, Cambridge juga memiliki School of Clinical Medicine. Fakultas kedokteran tersebut menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Dikutip dari situs resminya, pengajaran kedokteran di Universitas Cambridge bermula pada tahun 1540. Fakultas Kedokteran Klinis Universitas Cambridge memiliki tujuan untuk memberikan kepemimpinan, pendidikan, penemuan, serta perawatan kesehatan. Program yang dilakukan adalah memberikan pengajaran dan pelatihan yang menginspirasi penelitian dasar dan klinis.

5. John Hopkins University

Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins secara konsisten bisa bersaing dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Dikutip dari situs resminya, Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins mendidik mahasiswa kedokteran, mahasiswa pascasarjana, dan mahasiswa pasca doktoral dalam mempraktekkan ilmu kedokteran yang berpusat pada pasien.

Selain itu, John Hopkins Medicine juga memiliki sekitar 902 Lab penelitian. Diantaranya 782 laboratorium serta 120 fasilitas inti. Tak sampai disitu, fakultas kedokteran John Hopkins juga mengoperasikan sekitar enam rumah sakit akademik serta empat pusat kesehatan.

6. University of California, Los Angeles

Di peringkat berikutnya, ada University of California, Los Angeles yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di dunia. Dalam sejarahnya, fakultas ini berdiri pada tahun 1951.

David Geffen School of Medicine ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal ini bisa dibuktikan dari berbagai penghargaan yang dimilikinya. Salah satunya adalah masuk dalam kategori Sekolah Kedokteran Paling Beragam tahun 2022 versi US News & World Report serta peringkat ketiga Nationally Ranked Health System tahun 2021.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0816 seconds (0.1#10.140)