Orang Tua, Ini Tips Menyeimbangkan Kerja Otak Kanan dan Kiri pada Anak

Minggu, 19 Juni 2022 - 15:39 WIB
loading...
Orang Tua, Ini Tips Menyeimbangkan Kerja Otak Kanan dan Kiri pada Anak
Otak yang cerdas ditandai dari cara kerja otak yang berada di atas rata-rata. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Otak yang cerdas ditandai dari cara kerja otak yang berada di atas rata-rata. Hal tersebut karena keseimbangan yang dilakukan otak dalam bekerja, dilatih dan dikembangkan sejak dini. Jika rutin dilakukan, maka potensi kecerdasan anak akan semakin besar dan berkembang dengan lebih optimal.

Fungsi otak bukan hanya untuk mengingat. Karena baik otak kanan maupun kiri keduanya memiliki peran masing masing. Otak kanan berfungsi untuk kreativitas, imajinasi, musik, warna membentuk dan emosi serta ingatan jangka panjang. Sedangkan otak kiri berkaitan dengan logika, hitungan, analisa, tulisan dan ingatan jangka pendek.



Agar mendapatkan fungsi yang lebih baik, orang tua perlu melatih otak anak sejak dini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan agar bekerja lebih optimal:

1. Mengulang Materi yang telah Dipelajari

Saat malam sebelum anak beristirahat, usahakan untuk meluangkan waktu mengulang kembali apa yang sudah dipelajari di sekolah. Hal ini dinilai dapat melatih otak anak karena sesuatu yang dipelajari anak secara berulang akan lebih mudah tertanam di otaknya.

2. Libatkan Alat Peraga untuk Belajar

Belajar menggunakan alat peraga dapat membuat ingatan bertahan lebih lama. Selain lebih mudah dicerna,logika, anak juga dapat mudah memproses informasinya. Hal inilah yang dapat melatih keseimbangan kerja otak baik yang kanan ataupun yang kiri.



3. Ajarkan Lebih Banyak Kosa Kata

Membaca buku dapat melatih otak anak menjadi lebih cerdas. Anda bisa memilih buku dengan kosakata dan dialog yang menarik. Selain buku, anak biasanya akan lebih mudah mencerna dialog orang-orang di sekitar termasuk orang tua. Maka dari itu, berhati hatilah saat mengobrol di dekat anak.

4. Ajarkan Anak untuk Mengenali Bakat dan Minatnya

Mendukung bakat dan minat adalah tips untuk melatih otaknya. Karena bentuk ketertarikan anak terhadap sesuatu akan sangat menentukan hasil kegiatan anak. Misalnya anak menyukai renang, ia bisa mulai serius menekuni olahraga renang agar bisa mencapai suatu titik tertentu.

5. Kenalkan Beberapa Bahasa

Pengenalan terhadap bahasa asing dapat membantu otak anak memproses lebih banyak informasi, hal inilah yang akan berdampak baik bagi keseimbangan kerja otaknya. Semakin banyak bahasa yang ia pahami, maka akan semakin baik untuk kecerdasan intelektualnya.

Itulah beberapa tips untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan pada anak. Jika masih kesulitan, anda bisa berkonsultasi dengan guru di sekolahnya atau dokter pribadinya untuk mendapatkan saran yang lebih akurat.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)