Bekali Wisudawan Unas, Airlangga Beri Wejangan: Kreatif Kembangkan Talenta Digital

Minggu, 19 Juni 2022 - 18:23 WIB
loading...
Bekali Wisudawan Unas, Airlangga Beri Wejangan: Kreatif Kembangkan Talenta Digital
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan pembekalan 1.784 wisudawan Universitas Pancasila di JCC, Minggu (19/6). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong wisudawan Universitas Nasional ( Unas ) lebih kreatif dan mengembangkan talenta digital.

Airlangga menyampaikan, generasi muda harus lebih kreatif untuk bisa berkompetisi di tingkat nasional maupun tingkat global di tengah tantangan digitalisasi yang terus berkembang.



"Sesudah para wisudawan lulus ini ada beberapa pilihan apakah akan menjadi profesional, wirausahawan, pendidik, penulis atau apapun pilihan yang terbaik. Bagi wisudawan ini menjadi tantangan untuk lebih kreatif dan lebih cerdas untuk membaca peluang," ujar Airlangga saat memberikan pembekalan 1.784 wisudawan Pascasarjana, Sarjana, dan Profesi Unas di JCC, Minggu (19/6/2022).

Menko Perekonomian juga meminta agar wisudawan atau mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah jika ingin berwirausaha.

Airlangga menegaskan pemerintah sudah menyediakan berbagai pelatihan dan insentif untuk menumbuhkan UMKM baru di Indonesia, terutama usaha di sektor digital. Airlangga menuturkan, Indonesia merupakan pasar digital yang sangat prospektif.



Berdasarkan catatan Kemenko Perekonomian, pada 2020 pasar digital nasional mencapai USD44 miliar, sementara itu di tahun 2021 mencapai USD70 miliar, dan di tahun 2025 nanti diprediksi mencapai USD130 miliar. Artinya, pasar digital di Indonesia menjadi yang terbesar di seluruh negara di ASEAN.

"Jadi kalau mau bergerak di bidang digital maka dia biasanya untuk menjadi unicorn dia harus beroperasi di Indonesia dan ini adalah pasar yang sangat besar dan ini saatnya adalah sekarang. Oleh karena itu ini adalah opportunity bagi para alumni," tutur Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini mengaku, transformasi digital yang juga merupakan salah satu tema pada Presidensi G20. Airlangga menegaskan, Indonesia sudah banyak melakukan hal yang lebih maju dari negara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)