5 Program Studi Ilmu Statistik Terbaik di Indonesia, Nomor Terakhir Diakui Internasional

Senin, 20 Juni 2022 - 18:59 WIB
loading...
A A A
Program Studi S1 Statistika merupakan salah satu bagian dari Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada sejak 1987.

Dikutip dari situs resminya, Prodi Statistika memiliki enam kelompok keahlian seperti Statistika, Komputasi Statistika, Analisis, Aljabar, Matematika Terapan, dan Komputasi Matematika.

Dalam status akreditasinya, prodi S1 Statistika mendapat akreditasi Unggul. Predikat tersebut berlaku dari 27 Mei 2020 hingga 30 September 2023 mendatang.

Baca juga : Ini Sederet Jurusan Saintek-Soshum yang Paling Diminati di UGM

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Awalnya, Statistika merupakan salah satu bidang peminatan di jurusan Matematika, Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dikutip dari situs resminya, bidang tersebut akhirnya terus berkembang dan menjadi jurusan baru.

Per 1983, jurusan statistika resmi berdiri bersama dengan perubahan FIPIA menjadi FMIPA. Pendirian jurusan Statistika ITS ini didasarkan pada PP No 5 tahun 1980, PP No 27 tahun 1981, dan Keppres No 58 tahun 1982.

Sejak tahun 2006, jurusan Statistika FMIPA ITS memiliki empat program pendidikan, yaitu Program D3, Sarjana, Magister, dan Program Doktor. Namun, pada 2017, jurusan Statistika berubah menjadi Departemen Statistika Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data (FMKSD) dengan 3 program. Program Sarjana dengan akreditasi A dan Sertifikasi Internasional Asean University Network, Quality Assurance (AUN-QA), Program Magister dengan akreditasi A, serta Program Doktor dengan akreditas A.

4. Institut Pertanian Bogor

Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah penyelenggara Statistik Pendidikan Tinggi Program S2 dan S3 di Indonesia. Dikutip dari situs resminya, pelopor berdirinya departemen ini adalah Prof. Andi Hakim Nasution (alm) melalui Bagian Biometrika Fakultas Pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)