Cerita Hesti, Putri Buruh Jahit yang Lulus Cum Laude dari UNY

Selasa, 28 Juni 2022 - 16:36 WIB
loading...
Cerita Hesti, Putri Buruh Jahit yang Lulus Cum Laude dari UNY
Mahasiswi UNY Hesti Wulandari bersama dengan orang tuanya. Foto/Tangkap layar laman UNY.
A A A
JAKARTA - Kisah inspiratif kali ini datang dari mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ). Hesti Wulandari yang merupakan anak dari orang tua yang berprofesi buruh jahit ini berhasil lulus dari UNY dengan predikat Cum Laude .

Ketika menjalani proses wisuda secara daring dari rumah kontrakannya di Dusun Kemanteren II Semawung, Bagelen, Purworejo, kedua orang tua Hesti yakni Agus Siswanto dan Mimin Jeminten tak kuasa menahan haru.

Mereka tidak hanya bisa membawa anaknya menempuh pendidikan tinggi hingga akhir, namun mereka juga patut bangga karena mahasiswi program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY itu lulus dengan IPK 3,87 berpredikat Cum Laude.

Baca: Mahasiswi UNS Ini Tekuni Dunia Balap Rally, Beragam Prestasi Berhasil Diraih

Agus Siswanto berkisah, anak bungsunya sejak masih duduk di bangku SMK memang sudah dipersiapkan untuk studi lanjut dengan mengikuti les mata pelajaran.

“Awalnya anak saya ingin masuk ke STAN bagian pajak seperti kesukaannya, namun karena bukan rezekinya maka tidak diterima,” kata Agus, dikutip dari laman UNY, Selasa (28/6/2022). Akhirnya atas saran dari istrinya, Hesti mendaftar lewat jalur SBMPTN di UNY dan diterima.

Pada awalnya, biaya kuliah menjadi kerisauan Agus dan Mimin. Namun dengan adanya beasiswa Bidikmisi -yang sekarang dinamai KIP Kuliah- bagi siswa yang pandai namun dari keluarga kurang mampu, keluarga ini pun merasa tertolong.

Hesti Wulandari mengatakan, informasi Bidikmisi didapatkan dari para gurunya. Alumni SMKN 7 Purworejo itu mencari sendiri informasi tentang beasiswa ini karena mayoritas alumni sekolahnya memilih bekerja dan jarang yang menempuh studi lanjut.

Hesti juga mengurus sendiri surat-surat yang diperlukan hingga memperoleh akses beasiswa Bidikmisi. Gadis kelahiran 26 Januari 2002 tersebut memilih pendidikan akuntansi UNY sebagai pilihan pertama, kemudian Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Tidar Magelang.

Menurut Mimin Jeminten, dia memilihkan putri bungsunya di Pendidikan Akuntansi karena Hesti menyerahkan pada ibunya untuk memilihkan jurusan dalam SBMPTN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)