Seminar Pancasila di Unhan, Terungkap Peran Penting Lembaga Pendidikan

Rabu, 29 Juni 2022 - 21:58 WIB
loading...
Seminar Pancasila di Unhan, Terungkap Peran Penting Lembaga Pendidikan
Doktor Ilmu Geopolitik dan Pertahanan, Hasto Kristiyanto menjadi moderator dalam Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila di Unhan. Foto/Dok/Unhan
A A A
JAKARTA - Doktor Ilmu Geopolitik dan Pertahanan, Hasto Kristiyanto menjadi moderator dalam Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila di Universitas Pertahanan ( Unhan ).

Seminat tersebut bertema "Implementasi Pancasila untuk Memperkokoh Nasionalisme dan Bela Negara pada Civitas Akademika Perguruan Tinggi", Rabu (29/6/2022).



Sebagai pembicara kunci, Rektor Unhan Laksdya TNI Prof. Amarulla Octavian, dengan narasumber Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Guru Besar Unhan Prof. Pribadiyono.

Rektor Unhan, Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD mengatakan, Pancasila sudah menjadi ideologi yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

“Pancasila, suatu ideologi yang sudah terbukti kesaktiannya di republik ini,” kata Amarulla.



Menurut dia, banyak keunggulannya dari Pancasila. Pada sila pertama jelas unggul dari Atheisme, Komunisme, Animisme, Sekularisme, Materialisme. Kemudian sila kedua unggul dari Fasisme, Radikalisme, Ekstrimisme.

Sila ketiga unggul dari Feodalisme, Primordialisme, Rasialisme. Sila Keempat, unggul dari Totalitarianisme, Otoritarianisme. Dan sila kelima unggul dari Liberalisme, Kapitalisme.

Demi membuat Pancasila semakin berperan penting, maka lembaga pendidikan berperan penting. Tingginya kualitas pendidikan nasional mendorong terbentuknya ketahanan nasional yang kokoh menghadapi serangan dari luar. Baik serangan ideologi, serangan ekonomi, serangan budaya maupun serangan fisik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)