Profil Aleams Barra, Pengajar ITB yang Mendapat Predikat Dosen ter-Youtuber

Kamis, 30 Juni 2022 - 15:29 WIB
loading...
Profil Aleams Barra, Pengajar ITB yang Mendapat Predikat Dosen ter-Youtuber
ITB atau Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Foto DOK YouTube
A A A
JAKARTA - ITB atau Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain menjaring mahasiswa -mahasiswa terbaik, IITB juga memiliki tenaga pengajar yang mumpuni.

Salah satu diantaranya adalah Aleams Barra. Melansir dari situs resmi ITB, Dia merupakan Dosen Kelompok Keahlian Aljabar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Baca juga : Sejumlah Alumni ITB Ragukan Sistem I-voting Pemilu IA ITB

Beberapa project yang pernah dikerjakannya adalah Konstruksi Kode Siklik menggunakan Polinom (2015), Matriks Sirkulan dan MacWilliams Extension Theorem (2016), hingga Kajian Representasi Aljabar Lintasan Leavitt (2017).

Dalam riwayat pendidikannya, Aleams Barra memperoleh gelar Sarjana di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1998. Setelahnya, dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister di ITB dan lulus pada tahun 2002.

Baca juga : Kenalkan ITB ke Calon Maba, ITB Gelar Open House Pendidikan di 3 Kampus

Setelahnya, dia mendapatkan gelar Ph.D dari University of Kentucky pada tahun 2012.

Beberapa waktu yang lalu, Aleams Barra sempat menarik perhatian warganet kala memposting sebuah sertifikat penghargaan di akun Twitternya @Aleams. Sertifikat tersebut berisi tentang penobatan Aleams Barra sendiri sebagai Dosen ter-Yutuber. Penghargaan tersebut ditandatangani oleh Dekan FMIPA kala itu, Prof. Ir. Wahyu Srigutomo.

Usut punya usut, penghargaan tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Karena diketahui bahwa Aleams Barra ini memang memiliki sebuah kanal Youtube. Namanya adalah Bermatematika.com.

Uniknya, dia membuat konten dalam kanal youtube miliknya seputar pembelajaran Matematika. Selain itu, dia juga kerap mengunggah video lain berupa kesehariannya. Per Kamis, 30 Juni 2022 tercatat jumlah subscriber di kanal youtubenya sudah mencapai 109 ribu.

Selain aktif di Youtube, Aleams Barra juga aktif di berbagai platform sosial media seperti Twitter dan Instagram. Di Twitter sendiri, dia memiliki pengikut sebanyak 14 ribu. Sedangkan pada akun Instagramnya di @aleamsbarra, dia memiliki sekitar 1.900-an pengikut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)