4 Guru Unik yang Viral, Nomor 3 Mengajar Matematika dengan Bumbu Humor

Selasa, 05 Juli 2022 - 00:29 WIB
loading...
4 Guru Unik yang Viral, Nomor 3 Mengajar Matematika dengan Bumbu Humor
Guru mengajar matematika di sekolah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menjadi tenaga pendidik atau guru adalah tantangan tersendiri. Selain harus menghadapi berbagai watak siswanya, sang guru juga dituntut untuk kreatif dalam memberikan pelajaran agar para siswa mudah menangkap ilmu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 4 guru unik yang viral di Indonesia.



1. Nani, Guru yang Ajak Orang Tua Hargai Anaknya

Segelintir orang tua ada yang merasa kecewa apabila nilai atau prestasi sang anak tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, tak melulu orang tua harus merasakan hal tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang guru bernama Nani Roswatim, seorang guru SMK di Tambun, Bekasi. Melalui unggahan di fitur story WhatsApp-nya pada 2019 lalu, Nani mengajak para orang tua untuk tetap mendukung anaknya saat pembagian rapor.

“Katakan pada mereka, tidak penting berapa pun nilai ujian mereka. Katakan saja tidak apa-apa, itu hanya sekadar ujian. Sebuah ujian atau nilai rendah takkan bisa mencabut impian dan bakat mereka. Katakan Anda mencintai mereka dan tak akan menghakimi mereka,” kata Nani dalam unggahannya.



Unggahannya itu kemudian disebarkan dan diviralkan oleh salah satu muridnya. Dengan bangga, ia memberikan tangkapan layar dari status gurunya itu dan viral di media sosial Twitter. Berbagai reaksi positif masyarakat pun terlihat. Mereka bahkan mendambakan semua guru bisa bertindak seperti Bu Nani.

2. Ribut, Guru yang Ajari Siswa dengan Gaya Khasnya

Nama Ribut, sosok guru SD asal Lumajang, Jawa Timur ini memiliki gayanya sendiri dalam mengajarkan anak muridnya. Meskipun masih berstatus sebagai guru honorer, namun Ribut tetap semangat memberikan pelajaran dan nilai-nilai positif untuk muridnya.

Saat mengajar, Ribut kerap membagikannya ke media sosial miliknya dan mengundang perhatian banyak warganet.

Cara penyampaiannya yang menarik dan mudah dipahami, membuat pelajaran yang disampaikan Ribut dapat diserap baik oleh siswa-siswinya. Satu hal yang membuat konten Ribut semakin menyita perhatian adalah reaksi para muridnya yang tak kalah lucu. Salah satunya adalah Aprilia Mulyawati, murid Ribut yang kerap berada di videonya.

3. Kalingga, Guru Matematika yang Humoris

Siapa bilang guru matematika itu selalu galak? Kalingga, guru matematika di sebuah SMK di Bekasi, Jawa Barat berhasil mematahkan stigma tersebut.

Dirinya justru membuat suasana matematika menjadi jauh lebih asyik, sehingga mudah dipahami para muridnya.
Berbagai sumber menyebut, Kalingga membagikan kegiatannya saat mengajar melaui akun TikTok miliknya.

Perempuan yang akrab disapa Lingga itu mendapat julukan sebagai guru humoris dari warganet karena sangat jenaka saat menyampaikan materi.

Konten-kontennya saat mengajar bahkan telah disukai oleh 1,6 juta pengguna dengan lebih dari 8 ribu komentar.

4. Abing Santoso Ajak Siswanya Menari Tradisional

Abing Santoso, seorang guru di Surabaya, Jawa Timur juga sempat viral lantaran mengajak para siswanya untuk menari di ruang kelas. Langkah Abing itu bahkan diapresiasi oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Kegiatan menari bersama itu terlihat dalam sebuah video berdurasi 59 detik dan langsung viral di media sosial. Sementara itu, Abing segaja mengajak siswa-siswinya untuk menari saat jam pelajaran sedang kosong.

Tujuannya, agar para murid Abing tidak merasakan kebosanan. Raut ceria terlihat dari murid yang Abing ajak menari.

Diolah dari berbagai sumber
Ajeng Wirachmi-Litbang MPI
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)