Ingin Masuk Kedokteran Gigi? Ini Kisaran Biaya Kuliah di 6 Universitas di Indonesia

Rabu, 06 Juli 2022 - 01:00 WIB
loading...
Ingin Masuk Kedokteran Gigi? Ini Kisaran Biaya Kuliah di 6 Universitas di Indonesia
Fakultas Kedokteran Gigi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Fakultas Kedokteran Gigi adalah salah satu fakultas dengan jumlah peminat yang cukup tinggi. Sayangnya, masih banyak yang takut mendaftar lantaran tingginya biaya kuliah di fakultas ini.

Setiap perguruan tinggi tentunya menetapkan biaya pendidikan yang berbeda-beda. Apalagi saat ini sudah ada sistem uang kuliah tunggal (UKT) di beberapa perguruan tinggi yang membuat biayanya menjadi lebih murah.

Baca juga: 5 Jurusan Unik di Politeknik dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kisaran biaya kuliah Fakultas Kedokteran Gigi di 6 universitas di Indonesia berikut ini.

1. Universitas Indonesia (UI)

Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, UI sudah memberlakukan sistem Uang Kuliah Tunggal untuk program sarjana regular sejak 2013.

Dengan adanya sistem UKT, mahasiswa sudah tidak dikenakan uang pangkal karena telah disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN)—yang terbagi menjadi BOP-B dan BOP-Pilihan.

Baca juga: Wisudawan Terbaik UMM Ini Lolos Program IISMA ke Turki

Pada BOP-B atau BOP Berkeadilan, biaya pendidikan disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya kuliah calon mahasiswa.

Sedangkan BOP-P atau BOP-Pilihan adalah sistem pembayaran yang memungkinkan mahasiswa untuk menentukan sendiri biaya yang akan dibayarkan sehingga mereka mempunyai pilihan untuk berkontribusi lebih.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1757 seconds (11.97#12.26)