Di Hadapan Mahasiswa HI-UII, Dubes Ukraina Ingatkan Peran Besar Penyair Chairil Anwar

Selasa, 19 Juli 2022 - 10:44 WIB
loading...
Di Hadapan Mahasiswa HI-UII, Dubes Ukraina Ingatkan Peran Besar Penyair Chairil Anwar
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pada acara Ambassadorial Lecture bertajuk The Ukrainian Questions in Global Politics di UII, Kaliurang, Senin (18/7). Foto/Dok/UII
A A A
JAKARTA - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin di depan civitas akademika Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengingatkan peran besar penyair Chairil Anwar dalam perjuangan Indonesia.

“Mengapa Chairil Anwar? Chairil Anwar adalah pemuda yang memberikan peran luar biasa bagi perjuangan Indonesia. Bagi semangat kemerdekaan Indonesia. Perjuangannya adalah sesuatu yang luar biasa,” tuturnya kepada peserta Ambassadorial Lecture yang bertajuk “The Ukrainian Questions in Global Politics” di Auditorium Prof. K.H. Abdul Kahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII, Kaliurang, Senin (18/7/2022).



Tidak banyak disadari peserta yang menghadiri kegiatan tersebut, tahun ini adalah perayaan 100 tahun Charil Anwar. Sastrawan kelahiran 26 Juli 1922 itu dikenal sebagai ‘Si Binatang Jalang’, dari karyanya yang berjudul Aku. Dari tangannya banyak syair telah terlahir dan membuat sastra di Indonesia menjadi berkembang.

Selain itu, peran Chairil Anwar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah menjadi pelopor Angkatan 45 sebagai perlawanan terhadap kooptasi budaya yang dilakukan penjajah Jepang yang membentuk Pusat Kebudayaan atau Keimin Bunka Shidoso.

Perjuangan melalui sastra bagi rakyat Ukraina melawan penindasan Rusia sangatlah panjang. Dimulai sejak tahun 1720 ketika Tsar Peter I mengeluarkan dekrit yang melarang penerbitan dalam bahasa Ukraina. Juga memerintahkan untuk menyita semua buku gereja Ukraina.



Tekanan terhadap Bahasa semakin keras di tahun 1847 ketika karya-karya sastra Ukraina seperti Shevchenko, Kostomarov, Kulish, dan sebagainya, dilarang oleh Rusia, pembantaian budayawan Ukraina tahun 1930-an dan puncaknya ketika Konferensi Tashkent tahun 1979 memutuskan bahasa Rusia adalah bahasa seluruh wilayah Uni Soviet.

Dalam sambutannya, Rektor UII, Prof. Fathul Wahid menyebutkan bahwa sejalan dengan pemerintah, UII selalu berkomitmen untuk menjalankan amanat konstitusi UUD 1945 untuk mewujudkan perdamaian dunia.

“UII juga bersimpati atas krisis kemanusiaan yang muncul di Ukraina sebagai konsekuensi dari adanya perang yang berkelanjutan. Rektor UII juga menyatakan bahwa dunia harus mengecam segala bentuk agresi yang mengancam kemanusiaan dan perdamaian dunia,” tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7194 seconds (0.1#10.140)