Tingkatkan Edukasi untuk Turunkan Stunting, Tanoto Foundation-Pemprov Jateng Jalin Kolaborasi

Kamis, 21 Juli 2022 - 19:34 WIB
loading...
Tingkatkan Edukasi untuk Turunkan Stunting, Tanoto Foundation-Pemprov Jateng Jalin Kolaborasi
Tanoto Foundation-Pemprov Jateng jalin kolaborasi untuk turunkan angka stunting. Foto/Tanoto Foundation.
A A A
JAKARTA - Organisasi filantropi independen bidang pendidikan Tanoto Foundation berkolaborasi dengan Pemprov Jawa Tengah untuk menurunkan angka stunting . Yakni dengan mendirikan Rumah Anak Sigap untuk memberikan edukasi ke keluarga sehingga tumbuh kembang anak optimal.

Pada Kamis, (21/7/2022), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi oleh Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto berkesempatan meninjau pelaksanaan program penurunan stunting di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Kegiatan tersebut meliputi peresmian pusat layanan pengasuhan, untuk stimulasi dan pembelajaran dini pada anak usia 0-3 tahun yang disebut dengan Rumah Anak SIGAP dan menilik secara langsung pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) kepada keluarga yang berisiko stunting.

Baca: Bangga Masuk SMK, Mendikbudristek Sampaikan Pesan Ini

Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto menegaskan kembali komitmen jangka panjang Tanoto Foundation dalam membantu pemerintah menurunkan angka stunting di Indonesia dan optimistis kerja sama ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Brebes atas kerja sama ini. Kami berharap kolaborasi pemerintah dan lembaga non-pemerintah ini dapat menginspirasi munculnya berbagai program serupa sehingga membawa dampak optimal dalam menekan angka stunting. Dengan memberikan perhatian lebih pada anak usia dini, kita berharap dapat mencetak generasi bangsa Indonesia yang cemerlang," katanya, melalui siaran pers, Kamis (21/7/2022).

Melalui program Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (Early Childhood Education and Development atau ECED), Tanoto Foundation bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan beragam upaya perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan sumber daya manusia dalam rangka pencegahan dan penurunan angka stunting pada balita di Provinsi Jawa Tengah.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pembentukan hubungan atau kelekatan antara orang tua dan anak, bahkan sejak dalam kandungan memiliki peran penting dalam perkembangan motorik, bahasa (linguistik), kognitif dan sosial-emosional anak.

Adapun ragam layanan yang akan tersedia di Rumah Anak SIGAP adalah kegiatan kelompok pengasuhan tematik, kegiatan stimulasi dengan bermain, pendampingan individual (orang tua dan anak), kunjungan rumah, dan beragam kegiatan pendukung lainnya.

Tanoto Foundation dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga melakukan serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas bagi TPK, salah satunya dengan melakukan pelatihan Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) kepada tenaga kesehatan. Pelatihan telah digelar di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas, selanjutnya akan diadakan pula di Kabupaten Tegal dan Kota Semarang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1827 seconds (11.252#12.26)